Malam hari biasanya menjadi salah satu saat dimana perut terasa lapar sehingga membuat mata pun sulit terpejam. Salah satu yang dicari saat berkunjung ke Jogja adalah Angkringan. Yup, Angkringan adalah tempat kuliner kaki lima yang memiliki 2 arti jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Pertama sebagai alat dan tempat jualan makanan keliling, yang ke dua duduk santai atau dalam bahasa gaulnya biasa disebut nongkrong. menjajakan nasi kucing beserta lauk – lauknya dengan harga murah. Tidak hanya makanannya yang berupa nasi kucing dijual dengan murah, seduhan Teh khas angkringan juga menjadi yang paling diburu oleh pengunjung dan terkenal dengan istilah ‘NasGiTel’ paNas leGi lan kenTel yg artinya Panas Manis dan Kental. Berikut adalah 5 daftar Angkringan terbaik yang bisa anda kunjungi di Jogja.

Angkringan KR (Pak Jabrik & Petruk Gareng)

Sumber Gbr: kompas
Sumber Gbr: kompas

Terletak di halaman kantor media cetak tertua di Yogyakarta yakni Kedaulatan Rakyat (KR). Mulai Buka pukul 5 sore hingga pukul 3 dini hari. Terdapat 2 lapak Angkringan ditempat ini yang pertama Angkringan Pak Jabrik dan yg ke dua adalah Angkringan Gareng Petruk, kedua nya sama – sama ramai pengunjung terutama disaat waktunya makan malam. Dari segi rasa dan harga keduanya sama – sama enak dan murah, jadi anda tidak perlu bingung memilih. Cukup cari tempat duduk yang kosong lalu pesan sesuai keinginan.

Angkringan Kopi Joss (Lek Man)

Sumber Gbr: Bernas
Sumber Gbr: Bernas

Kopi Joss adalah kopi hitam yang dicelupkan bara arang panas dan memiliki sensasi rasa yang khas. Letaknya tepat di utara Stasiun Tugu, banyak angkringan yang berada di lokasi tersebut dan yang paling terkenal adalah Angkringan Lek Man. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba angkringan yang lain di lokasi yang sama. Buka mulai pukul 5 sore hingga 3 dini hari.

Baca Juga:  Sego Pecel SGPC Bu Wiryo

Angkringan Wijilan

Sumber Gbr: hello-pet
Sumber Gbr: hello-pet

Lokasinya di jalan Wijilan sekitar 50 meter di sebelah barat Gudeg Yu Djum. Pengunjung dari angkringan ini sebagian besar berasal dari warga sekitar, karena bisa dibilang ini adalah angkringan dengan menu terlengkap di wilayah Kraton, tidak hanya menu angkringan berbagai sayur & lauk rumahan juga dijual dengan gaya prasmanan. Tidak perlu kuatir kehabisan tempat karena Angkringan disini terdiri dari 2 lantai. Bukan mulai pukul 3 sore hingga pukul 3 dini hari.

Angkringan Klebengan

Sumber Gbr: parmantos
Sumber Gbr: parmantos

Letaknya  di selatan lapangan sepak bola Klebengan yang berada tepat di belakang Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Letaknya di area perkuliahan jadi sangat membantu bagi mahasiswa – mahasiswa di akhir bulan. Yang spesial dari angkringan ini adalah menu lauk bakar kecapnya, dimana semua menu yang ada bisa di request dan di ‘panasi’ dengan cara di bakar dengan bumbu kecap manis. Buka mulai jam 5 sore hingga 2 dinihari.

Angkringan Nganggo Suwe

Sumber Gbr: jajan_jogja
Sumber Gbr: jajan_jogja

Terletak di Jalan Pramuka no 106 Yogyakarta, Angkringan Nganggo Suwe sudah ada sejak tahun 90an. Yang khas dari angkringan disini adalah Jahenya, baik dipadukan dengan susu ataupun dengan teh namun yang menjadi favorit adalah Susu Jahe. Karena menjadi salah satu nilai jual di angkringan ini, jahe dan gula jawa yang menjadi pendamping dipilih dari yang terbaik guna menjaga kualitasnya. Mulai buka dari pukul 6 sore hingga pukul 5 pagi.

Tags Populer:

angkringan favorit jogja,angkringan kaki lima malam di jogja com