Traveling saat ini menjadi aktivitas pilihan warga perkotaan dalam mengusir rasa penat, Terutama, para pekerja yang menghabiskan hari-harinya dengan tumpukan dokumen dan layar monitor.

Terlebih, Indonesia diberkahi dengan keindahan alam yang melimpah. Objek-objek wisata alam yang memesona serta wisata atraktif lainnya begitu banyak tersebar. Adapun berbagai sarana transportasi juga semakin mudah diakses. Wisatawan bisa menjangkau berbagai tempat dengan pesawat, bus, atau kereta api.

Secara khusus, kereta menjadi pilihan transportasi favorit para wisatawan, baik yang bepergian secara backpacker atau bersama keluarga. Alasannya pun beragam, mulai dari harga yang murah hingga tingkat kenyamanannya.

Sekarang ini para traveler yang ingin bepergian dengan kereta bisa mendapatkan tiket kereta api dengan sangat mudah. Bahkan, berburu tiket kereta dapat dilakukan tanpa harus berkunjung ke stasiun secara langsung. Berkat kemajuan teknologi, pemesanan kereta dapat dilakukan secara online.

Ada berbagai situs yang melayani pemesanan kereta api online. Namun, dari sekian banyak pilihan, tidak semuanya memberikan pelayanan dan penawaran harga terbaik. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah layanan Traveloka kereta api.

Memesan tiket kereta api di Traveloka pun bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memperoleh tiket hanya dengan sekali klik. Bisa lewat aplikasi pada smartphone atau melalui situs resminya via perangkat desktop. Di sini, Anda bisa menemukan tiket kereta dengan berbagai tujuan, terutama kota-kota besar di Pulau Jawa.

Berbeda dengan pesawat terbang, perjalanan menggunakan kereta memang memakan waktu yang lebih lama. Namun demikian, Anda bisa menikmati setiap pemandangan yang tersaji. Atau Anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk tidur dan beristirahat sambil menyiapkan stamina untuk aktivitas berlibur nanti.

Nah, untuk perjalanan berkereta yang cukup panjang—mungkin sampai 8 jam—ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar perjalanan tidak terasa lama dan menjemukan, seperti:

  1. Membaca buku atau novel
Baca Juga:  Pantai Slili yang Memikat Hati

Membaca buku atau novel – hipwee.com

Menghabiskan waktu perjalanan di atas kereta api bisa Anda isi dengan kegiatan membaca. Siapkanlah buku atau novel kesayangan Anda untuk dilahap sepanjang perjalanan

Kalau ingin cara yang lebih praktis, Anda juga bisa mencari bacaan menarik lewat smartphone atau tablet. Saat ini tersedia berbagai buku elektronik yang bisa diperoleh di Google Play Store.

  1. Bermain game

Bermain game – seword.com

Kalau membaca bukan hobi Anda, bermain game bisa menjadi pertimbangan. Anda bisa sengaja membawa konsol game dari rumah. Bisa berupa konsol mobile seperti PS Vita, Nintendo 3DS, Nintendo Switch, atau yang lain. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih bermain game lewat ponsel pintar atau tablet.

Hanya saja, ada hal yang perlu diperhatikan kalau memilih bermain game lewat ponsel atau tablet. Pastikan untuk selalu mempersiapkan powerbank sebagai pendukung, agar kondisi baterai ponsel atau tablet terjaga dengan baik.

Namun, kalau naik kereta api eksekutif, Anda tidak perlu khawatir saat ponsel atau tablet kehabisan baterai. Interior kereta eksekutif dilengkapi dengan stop kontak yang memungkinkan para penumpang mengisi baterai berbagai jenis perangkat elektronik.

  1. Berbincang dengan penumpang lain

Berbincang dengan penumpang lain – medanbisnisdaily.com

Cara lain untuk membunuh kebosanan saat menempuh perjalanan panjang di kereta adalah dengan menyempatkan waktu berbincang dengan penumpang lain. Terutama dengan penumpang yang duduk di depan atau sebelah Anda. Terkadang, Anda bisa memperoleh informasi atau cerita menarik dari perbincangan kecil selama di perjalanan.

Agar perbincangan jadi lebih menarik, Anda bisa memosisikan kursi sehingga bisa saling berhadap-hadapan dengan penumpang di depan atau belakang. Cara ini juga sangat penting kalau Anda bepergian dengan rombongan.

  1. Berkeliling gerbong
Baca Juga:  5 Oleh - oleh Khas Jogja yang Sedang Hangat

Berkeliling gerbong – bogor.tribunnews.com

Cara ini sangat tepat kalau Anda adalah tipe orang yang tidak terbiasa diam di satu tempat dalam waktu yang lama. Anda bisa menyempatkan waktu untuk melihat suasana di gerbong lain. Kondisinya pun kian menarik kalau gerbong tersebut dalam posisi sepi penumpang. Dengan begitu, Anda bisa leluasa mencoba berpindah tempat duduk.

Kalau sudah lelah berkeliling gerbong, Anda juga bisa memilih melihat pemandangan di sepanjang perjalanan. Tak jarang, pemandangan yang ditemui selama perjalanan sangat indah. Dengan hamparan sawah hijau yang luas. Pemandangan seperti ini tentu sangat sulit ditemui di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, kan?

  1. Menyiapkan camilan yang banyak

Menyiapkan camilan yang banyak – bisnisborneo.com

Terakhir, Anda juga bisa menghabiskan waktu selama di kereta api dengan persiapan camilan yang banyak. Selama di kereta, Anda memang bisa membeli makanan kecil yang dijual oleh petugas. Hanya saja, pilihan makanannya sangat terbatas. Bisa jadi, tidak sesuai dengan selera Anda.

Oleh karena itu, membawa makanan kecil dari rumah bisa menjadi alternatif. Cara ini juga cukup efektif dan relatif lebih hemat dibandingkan membeli makanan di atas kereta.

Kira-kira, dari 5 kegiatan tersebut, mana yang menjadi kebiasaan Anda selama berada di kereta?