Berakhir pekan dengan mengunjungi pantai menjadi pilihan yang menyenangkan untuk beberapa orang, apalagi jika pantai yang dikunjungi memiliki pasir putih serta ombak yang bersahabat pastilah menjadi tujuan utama pengunjungnya. Nah berikut kiota berikat 5 pilihan pantai terekomendasi bagi Keluarga ramah di Gunung Kidul yang bisa anda nikmati tidak hanya keindahannya namun juga ombak dan air lautnya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai daftar pantai di Gunung Kidul Yogyakarta lainnya di Blog Traveloka.

Pantai Greweng

Sumber Gbr: harmonirentcar
Sumber Gbr: harmonirentcar

Jika anda tidak biasa melakukan aktivitas trekking lebih baik dilewatkan dan baca list nomer tiga. Yups karena untuk menikmati keindahan Pantai Greweng anda perlu berjalan dari tempat parkir higga tiba di bibir pantai sejauh 2 KM. meskipun cukup jauh namun dalam perjalanannya anda akan ditemani pemandangan yang sangat luar biasa, mulai dari tebing karang yang berbaris di kanan dan kiri layaknya sebuah gerbang terowongan, lalu melewati bibir Goa bawah tanah, hingga mini hutan yang terdapat aliran sungai. Bibir pantainya pendek namun cukup lebar sehingga saat air laut pasang pengunjung tetap bisa bermain air. Sekain itu tidak jauh dari bibir pantai terdapat aliran sungai yang dapat digunakan untuk membilas.

Pantai Sedahan

Sumber Gbr: eksotisjogja
Sumber Gbr: eksotisjogja

Bersebelahan dengan Pantai Greweng atau tepat di sebelah timurnya, akses ke pantai ini pun harus dilalui dengan trekking yang cukup jauh. Sekitar 4 KM jauhnya anda berjalan, jadi saran kami sebaiknya anda membawa bekal makan dan minum bahkan tenda untuk camping. Dengan begitu anda dapat menikmati keindahan pantai ini dengan puas. Namun meskipun jarak trekking cukup jauh, pemandangan yang di suguhkan selama perjalanan akan membuat anda terpukau bahkan berhenti untuk sekedar membelalakan mata sembari bersyukur atas keindahan yang telah Tuhan ciptakan. Meskipun posisinya langsung menghadap ke Selatan namun Pantai Sedahan memiliki bentuk menyerupai huruf U dengan ujung sedikit mengerucut. Itulah yang membuat pantai ini dapat digunakan untuk ciblon, karena ombak yang datang akan terpecah oleh 2 teluk yang melindungi pantai ini.

Baca Juga:  Pantai Siung, Tempat Climbing Tingkat Dunia

Pantai Ngetun

Sumber Gbr: jawonadventure
Sumber Gbr: jawonadventure

Karakteristik pantai yang satu ini hampir sama dengan Pantai Greweng. Menghadap ke barat daya sehingga tidak langsung terkena ombak laut selatan. Yang menjadi keunggulan pantai Ngetun dengan 2 pantai diatas adalah akses kendaraan yang bisa dilewati hingga roda 4, namun sedikit kendalan adalah medan yang di lalui belum beraspal alias masih kombinasi batu dengan tanah. Pepohonan di pinggir pantai dapat digunakan sebagai lokasi berteduh. Meskipun ombaknya tergolong aman namun jika anda ingin sedikit ke tengah laut untuk bermain air sebaiknya menggunakan alas kaki seperti sandal jepit atau sejenisnya karena dasar pantai ini masih di dominasi oleh batu karang.

Pantai Nglambor

Sumber Gbr: joglowisata
Sumber Gbr: joglowisata

Pantai yang satu ini tidak perlu di tanya lagi, selain bisa di gunakan untuk berenang Pantai Nglambor juga salah satu pelopor Snorkeling di barisan Pantai Gunung Kidul. Jika anda sering melihat foto bawah laut dengan pesona karang dan ikan – ikan yang beragam di pencarian pantai jogja maka Nglambor menjadi di daftar teratas. Letaknya yang menghadap barat daya membuat ombak laut selatan tidak langsung masuk ke bibir pantai, dan adanya 2 buah bukit/ pulau Watulombor dan Watupanjang yang berbaris di tengah – tengah lautan berfungsi sebagai penahan dan pemecah ombak. Tidak jarang banyak keluarga yang mengajak anak – anak berkunjung ke pantai ini karena arus ombaknya yang ramah cukup membuat orang tua lebih mudah dalam mengawasi.

Pantai Sadranan

Sumber Gbr: joglowisata
Sumber Gbr: joglowisata

Sama hal nya dengan Pantai Nglambor, di Pantai Sadranan juga dapat digunakan sebagai spot snorkeling. Anda cukup menyewanya tanpa perlu repot – repot bawa dari rumah. Kenapa pantai ini masuk dalam daftar 5 pantai yang aman untuk berenang? Karena memiliki tebing karang atau yang lebih dikenal dengan naman Pulau Watulawang yang tepat berada di rtengah laut sehingga arusnya ombak terpecah sebelum menyentuk bibir pantai. Memiliki garis pantai yang cukup panjang meskipun tidak terlalu lebar namun dapat membuat pengunjung bebas memilih spot yang tidak terlalu ramai, mengingat Pantai Sadranan menjadi salah satu pantai paling di minati wisatawan beberapa tahun belakangan ini.

Baca Juga:  Pantai Glagah Nan Megah

Tags Populer:

pantai di gunung kidul,pantai gunung kidul yang aman untuk berenang,pantai gunung kidul untuk berenang,pantai gunung kidul yang bisa buat berenang,pantai gunung kidul yang bisa buat renang,pantai digunung kidul,pantai jogja yang bisa berenang,pantai gunung kidul yang bisa buat mandi,pantai yang aman untuk berenang,pantai untuk berenang di gunung kidul