Di Jogja banyak terdapat resto dengan konsep Modern, namun untuk beberapa orang terutama wisatawan konsep Etnik lah yang paling banyak dicari. Mereka mencari suasana tenang dengan paduan interior & eksterior klasik serta memiliki nilai filosofi yang tinggi. Berikut beberapa Restoran Bertema Etnik yang bisa anda jadikan refrensi saat berkunjung ke Jogja

Handayani Restoran

Resto satu ini menawarkan berbagai hidangan khas Jawa Timur. Soal rasa tentu tidak perlu ditanya, karena memang Jawa Timur tempatnya makanan dengan cita rasa bumbu yang tajam. Dan itu bisa langsung dibuktikan dengan datang langsung ke Handayani Resto, menu-menu pilihan seperti Iga Raja Kamandhanu hingga Gulai Kepala Ikan Kakap siap menggugah selera makan anda. Ada lagi salah satu menu yang unik dan jangan sampai dilewatkan saat berkunjung ke Restoran ini. Kol Nenek Mak Errot, sejenis kerang yang dimakan dengan cara di’sesep’ hingga keluar isinya. Bumbu dari kerang ini sangat menggugah selera, tidak perlu nasi karena seporsi makanan Kol Nenek Mak Errot sudah bisa membuat perut terisi penuh. Selain kelezatannya konon kerang jenis ini bisa meningkatkan vitalitas pria.

Lokasinya terletak 750M dari Ambarrukmo Plaza, atau jia datang dari arah timur maka berjarak 300M dari lampumerah jembatan Janti. Menu di resto ini berkisar dari harga Rp 18.000 hingga Rp 60.000, terdapat juga paket Prasmanan jika pengunjung datang beserta rombongan.

Waroeng Pohon (Omah Sawah)

Jika biasanya Sego Sarang (Nasi Ingkep Ayam Kampung) disajikan saat acara kendurian. Namun kini bisa dinikmati setiap saat di Waroeng Pohon, ide berdirinya berawal dari keprihatinan akan masakan tradisional yang makin lama makin tergerus oleh menu-menu modern yang banyak berjamur di kota pelajar ini. Ditempat ini pengunjung bisa bernostalgia dengan menu Sego Sarang. Sejak dibuka pada pertengahan 2013 rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada akhir pekan. Mulai dari kaum muda hingga orang tua, bahkan beberapa pengunjung dari luar kota banyak yang menyempatka untuk mencicipi menu yang memang legendaris ini. Kapasitas tempat yang dapat menampung hingga 150 orang ini juga biasa digunakan untuk acara reunian, arisan dan ulang tahun.

Baca Juga:  Ayam Goreng Mbah Cemplung

Lokasi dari resto ini terletak di jalan Prangtritis, tepatnya di Utara Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Atau jika dari arah Ringroad ke Selatan sekitar 1.6KM, setelah bertemu Polsek Sewong berjarak sekitar 70 meter akan dijumpai petunjuk di kanan jalan lokasi Waroeng Pohon.

Sekar Kedhaton

Sekar Kedhaton Restaurant adalah tempat yang sangat unik, dimana tamu tidak hanya dapat menikmati menu makanan terbaik yang disajikan, namun anda juga dapat sambil menikamati dekorasi etnik Jawa yang sangat kental dan pelayanan yang memuaskan, anda juga dapat memikmati berbagai menu pilihan ala carte yang bervariasi yang dikemas dalam perpaduan Jawa, Asia dan Barat. Di Sekar Kedhaton para tamu juga bisa menikmati pelayanan yang sangat unik bernama rijsttafel service, konsep penyajian makanan lengkap ala restoran di Eropa denga menu utama masakan Nusantara, yang diawali dengan makanan pembuka (appetizer), lalu makanan utama, dan diakhiri dengan makanan penutup.

Lokasinya terletak di Kotagede atau tepatnya di Jl. Tegal Gendu No.28, Prenggan. Dari pasara Kotagede anda bisa langsung ke arah barat sekitar 900 M, dari situ petunjuk arah untuk Sekar Kedhaton bisa dengan mudah ditemukan.

The Royal Garden Resto

Royal Garden Restaurant merupakan restaurant yang memadukan keunikan rasa dan tempat serta 3 unsur kebudayaan yang Kental yaitu Budaya Jowo (Jawa) untuk venue, Budaya Chino (China) untuk Sajian Hidangannya dan Budaya Londho (Western) untuk set up & Dekorasinya. Restaurant ini dibangun berada di pusat kota Yogyakarta, Royal Garden Restaurant dibangun tepat di kawasan 0 kilometer dan masih berada di kawasan heritage kraton Yogyakarta. Dengan konsep Oriental Chinese dan Asian Food yang Halal, kami menyajikan berbagai hidangan yang akan menggugah selera dalam setiap jamuan makan. Menu yang paling khas di Royal Garden Restaurant adalah “Home Made Tahu Royal” yaitu tahu buatan sendiri yang memiliki tekstur yang lembut serta digoreng dan disiram dengan saos tiram serta yang ditengahnya sudah ada Brokoli dipastikan akan membuat acara bersantap menjadi lebih berkesan.

Baca Juga:  Menikmati Hangatnya Kopi Joss Lek Man

Lokasinya hanya berjarak 300M dari 0KM Malioboro, atau tepat berada di sebelah Timu Laut dari Alun-alun Utara.

Abhayagiri Resto

Mungkin ini bisa dibilang salah satu Resto Etnik terbaik di Jogja, letaknya pun di atas perbukitan Boko. Sehingga memiliki view yang indah luar biasa. Dari atas ini anda bisa melihat kemegahan candi prambanan dan beberapa candi di sekitar perbukitan Boko. Tidak jarang resto ini menjadi salah satu pilihan favorit bagi pasangan yang ingin menikmati Romantic Dinner, dimana pasangan tersebut akan merasa seperti pasangan Raja dan Ratu semalam. Setiap sudut dari resto ini memiliki nilai artistik, pengunjung lebih banyak menghabiskan waktu untuk berfoto – foto daripada menikmati hidangan yang ada. Meskipun harga yang ditawarkan dari resto ini bisa dibilang “harga turis” namun tidak pernah mengurangi minat pengunjung baik lokal maupun wisatawan untuk ke Abhayagiri Resto.

Lokasinya yang berada di perbukitan Bokoatau tepatnya di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, sangat mudah di akses oleh siapapun. Dari pertigaan sebelah barat Candi Prambanan ke kanan (Selatan), terus ikuti jalan utama hingga bertemu petunjuk arah ke Abhayagiri. Dari situ anda akan dituntun hingga mencapai lokasi.

Tags Populer:

rumah makan di jogja untuk rombongan,cafe etnik di jogja,resto etnik yogyakarta,rumah makan di yogyakarta untuk rombongan,Traditional etnic resto yogya