Banyak yang mengatakan bahwa air terjun yang satu ini memiliki karakteristik yang sama seperti air terjun terkenal di negara Thailand yakni Erawan Falls. Air Terjun Lepo atau yang dikenal juga dengan nama Air Terjun Ledok Pokoh adalah salah satu air terjun yang masih alami dan menjadi tempat wisata baru di Jogja. Terletak di Desa Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta.

IF

Air terjun ini sudah dikelola warga setempat dengan cukup baik dengan penataan batu-batu di sekitar air terjun yang memudahkan pengunjung untuk turun dari satu tingkat ke tingkat di bawahnya. Pada tingkat pertama memiliki ketinggian air terjun sedang, dengan kolam yang memiliki kedalaman sekitar setengah meter. Pengunjung dapat duduk di sekitar kolam sambil merendam kaki atau berpose di air terjun kecil yang ada. Warga sekitar menyebut kolam di bawah air terjun ini dengan sebutan curug.

IF

Cukup aman untuk kolam bermain anak-anak. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing batu kapur dengan tekstur yang unik menjadikannya seperti air terjun pribadi yang cocok dinikmati satu dua orang saja. Curug pada air terjun ini pun tidak dalam sehingga kita bisa melihat dasarnya. Airnya yang jernih dan kombinasi bentuk batuan kapur yang unik membuatnya terlihat cantik dan memikat.

Di tingkat kedua memiliki sisi yang lebih curam dan licin. Untuk mencapainya pengunjung harus berhati-hati melewati jalanan batu yang curam di sisi air terjun. Kedalaman air di tingkat kedua cukup dangkal, yaitu selutut orang dewasa. Di sini bebatuan yang ada seolah-olah dibuat oleh manusia. Mereka berbentuk balok-balok besar yang tersusun rapi. Sama halnya dengan tingkatan pertama, air terjun pada tingkatan kedua ini juga bisa digunakan untuk bermain air.

Baca Juga:  Air Terjun Lepo, 3 Tingkat Curug Yang Menawan

IF

Di tingkat terbawah, adalah tempat yang tepat untuk berenang orang dewasa. Karena meskipun air terjunnya berukuran lebih pendek dari yang lain, namun curug terbawah memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Di sini juga terlihat curug yang lebih dalam dan luas dibandingkan dengan curug-curug sebelumnya.

Berkunjung ke lokasi ini, pengunjung ditantang untuk melalui jalan dengan segala tikungan, tanjakan dan turunan khas daerah perbukitan, sehingga kondisi kendaraan prima menjadi syarat mutlak dalam perjalana. Selain pesona Air Terjun Lepo, pengunjung juga akan disuguhi suasana sejuk nan asri dengan lebatnya pepohonan hijau di sisi kanan dan kiri jalan.

IF

Seperti biasa, keindahan wisata air terjun tidak dapat terlepas dari musim,apakah musim kemarau atau musim penghujan. Jika berkunjung ke lokasi ini pada musim kemarau, maka pengunjung akan mendapati air yang berwarna kebiruan dengan volume air yang tidak terlalu besar. Pada kondisi seperti ini pengunjung akan lebih leluasa untuk mendekat ke air terjun dan memuaskan diri untuk bermain air. Sedangkan, pada musim penghujan, air akan berubah menjadi kecoklatan dan aliran air yang cukup deras sehingga harus waspada jika sewaktu-waktu volume air akan meningkat.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo

Belum banyak rambu yang bisa memandu pengunjung untuk mencapai lokasi ini. Namun tak perlu khawatir, karena warga setempat dengan senang hati akan memberi petunjuk jalan sampai ke tempat tujuan. Jika datang dari Kota Yogyakarta, ambil jalur menuju Terminal Giwangan lalu lanjut keselatan tepatnya Jalan Imogiri. Dari Jalan Imogiri langsung menuju ke Pasar Dlingo, tak jauh dari pasar pengunjung akan menemukan Dusun Pokoh 1. Di tempat itu kendaraan bisa langsung dititipkan di tempat yang sudah disediakan untuk selanjutnya melakukan perjalanan menuju Air Terjun dengan berjalan kaki. Meskipun obyek ini belum dikelola secara maksimal, namun lokasi parkir di rumah warga dan jalan setapak sudah tersedia untuk ditapaki. Kamar mandi pun juga sudah tersedia di lokasi ini. Tarif parkir untuk kendaraan yaitu Rp. 2000,- untuk sepeda motor dan Rp.10.000,- untuk mobil.

Baca Juga:  Green Kayen bukan Canyon

Peta Air Terjun Lepo

Tags Populer:

air terjun lepo,air terjun lepo jogja,grojogan lepo,air terjun lepo dlingo bantul,Air Terjun LEPO Dlingo,Grojogan LEPO Dlingo Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 Indonesia,wisata kolam air bantul,air terjun leppo/bantul,grojogan lepo dlingo,rute air terjun lepo