ayam goreng mbah cemplung

Ayam goreng mungkin menu yang paling populer seantero jagat. Mulai dari ayam goreng ala waralaba sampai dengan ayam goreng yang dijajakan di pinggir jalan. Untuk bisa bersaing di kuliner ayam goreng ini, satu produk harus mempunyai perbedaan dari produk saingan sejenis. Ayam Goreng Mbah Cemplung nampaknya sudah mempunyai hal tersebut. Ayam goreng ini sudah memiliki pelanggannya tersendiri.

Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung terletak di Dusun Sembungan, Bangungjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warung ini mulai buka dari pukul 08.00 sampai maksimal pukul 17.00 WIB. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus sedikit blusukan karena memang letaknya di pedesaan. Walaupun berlokasi di pedesaan, namun tak jarang ada waiting list untuk duduk di warung ini.

Tentu yang menjadi daya tarik warung Ayam Goreng Mbah Cemplung adalah cita rasa ayamnya. Salah satu rahasia cita rasa warung ini adalah penggunaan ayam kampung. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung kemanggang atau dhere yang berumur sekitar 3 bulanan. Ayam tersebut harus mempunyai berat setidaknya 1 Kg.

Ciri khas lain dari cita rasa Ayam Goreng Mbah Cemplung adalah rasa asin dan gurih. Hal ini tentu berbeda dengan umumnya masakan Jawa yang cenderung manis. Rahasia lain dari warung ini ada pada proses perebusan. Perebusan Ayam Goreng Mbah Cemplung dilakukan dua kali. Setelah perebusan pertama, ayam ditiriskan selama satu malam. Setelah itu ayam kembali direbus dan kemudian baru sampai pada proses penggorengan. Dengan begitu, ayam kampung yang terkenal memiliki tekstur yang keras akan menjadi empuk. Proses tersebut juga membuat bumbu merasuk sampai pada daging bagian terdalam. Proses penggorengan yang tidak terlalu kering membuat Ayam Goreng Mbah Cemplung susah dicari lawan tandingnya.

Baca Juga:  Menikmati Wedang Uwuh dan Merasakan Khasiatnya

Nama Ayam Goreng Mbah Cemplung berasal dari nama Mbah Rejoinangun yang akrab disapa Mbah Cemplung. Mbah Rejoinangun berasal dari Kampung Cemplung yang tidak jauh dari lokasi beliau berjualan. Tak salah kiranya jika Anda berkunjung ke Jogja, Anda sempatkan sedikit waktu Anda untuk mencicipi Ayam Goreng Mbah Cemplung.

menu ayam goreng mbah cemplung

Lokasi Ayam Goreng Mbah Cemplung

Rute yang mudah untuk bisa menuju lokasi Ayam Goreng Mbah Cemplung melewati Ring road jl. Bantul. Dari reing road tersebut anda bisa terus keselatan hingga bertemu Desa Wisata Kasongan (tempat kerajinan gerabah), letaknya sebelah kanan jalan dengan ciri – ciri Gapura besar berwarna merah. Setelah masuk Kasongan silahkan ikuti jalan sekitar 1,5 km hingga bertemu pertigaan Karangjati (terdapat tugu kecil di tengahnya) lalu belok kanan (utara). Dari pertigaan tersebut ke utara sekitar 400 meter anda akan menjumpai Ayam Goreng Mbah Cemplung tepat di sebelah kiri jalan (barat).

Peta Ayam Goreng Mbah Cemplung

Tags Populer:

Ayam Kampung Goreng Mbah Cemplung Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta,biaya waralaba ayam goreng mbah cemplung,lokasi mbah cemplung,perjalanan ke ayam goreng mbah cemplung kasihan dari yogya