Tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya, Yogyakarta juga memiliki banyak Desa Wisata. Salah satunya adalah Manding. Manding merupakan salah satu kawasan sentra produksi kerajinan kulit yang sangat terkenal di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Beragam kerajinan kulit mulai dari dompet, tas, sepatu, sandal, jaket, dapat anda temukan di sini.

MANDING (2)

Asal muasal kerajinan kulit Manding konon adalah dari berangkat bekerjanya 3 orang pemuda asal Manding di sebuah Perusahaan pengolahan kulit di pusat kota Yogyakarta, dimana perusahaan itu memproduksi pakaian dan pelana untuk kuda pada tahun 1947. Tiga pemuda asal Manding tersebut diketahui bernama Prapto Sudarmo, Ratno Suharjo dan Wardi Utomo. Selepas dari perusahaan kulit di pusat kota tersebut, ketiga pemuda itu mulai merintis usaha sendiri yang berbahan dasar kulit juga, sesuai ilmu yang mereka dapatkan dari sewaktu bekerja. Mereka mampu berkembang hingga menghasilkan produk ekspor ke mancanegara.

Kerajinan kulit Manding pernah mengalami masa kejayaan pada tahun 1970an hingga 1980an. Walaupun tidak sejaya dulu, tetapi saat ini kerajinan kulit Manding masih menjadi sentra desa wisata kerajinan kulit di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan Manding memiliki sekitar sekitar 42 rumah rumah produksi, dan 48 showroom penjualan kerajinan kulit yang dikerjakan oleh ratusan warga sekitar. Kawasan Manding bisa disamakan dengan kawasan Cibaduyut yang berada di Bandung Jawa Barat.

MANDING (3)

Soal harga sangat bervariasi dan tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produk kulit yang dijual pada umumnya, jadi bagi penggemar produk kulit siap-siap gelap mata jika berkunjung ke tempat ini. Bicara tentang kualitas tidak perlu di ragukan karena produk kulit Manding juga dipesan untuk beberapa brand kulit terkenal di Indonesia dan Manca Negara.

Baca Juga:  Pantai Watu Karung Pacitan

Kerajinan kulit Manding semua tahapan produksinya masih di kerjakan secara manual dan berskala rumahan yang mana prosesnya dari pembuatan pola, menggunting sampai menjahit. Konsumen yang berminat biasanya tidak hanya bisa membeli produk ready stock, tapi mereka juga bisa memesan produk kerajinan kulit sesuai yang di inginkan. Untuk Produk made to order tentunya memiliki harga yang berbeda dari ready stock, dan tetap memiliki kualitas yang terjaga.

MANDING (4)

Model serta bentuk juga sangant mempengaruhi nilai jual dari produk itu sendiri, untuk produk berbahan dasar kulit 100% seperti jaket dijual antara Rp 500.000 sampai Rp 2.000.000. Sepatu mulai dari Rp70 ribu hingga Rp1 juta, tas mulai Rp100 ribu hingga Rp1 juta. Berbagai macam dompet kulit mulai dari Rp50-250 ribu. Untuk produk-produk yang lebih murah juga tersedia, hanya saja bahan yang digunakan merupakan kombinasi atau menggunakan kulit sintetis. Misalnya gantungan kunci mulai dari Rp5000, sandal mulai Rp35.000, tas mulai dari Rp50.000, serta ikat pinggang mulai Rp10.000.

MANDING (5)

Tips bagi yang ingin berbelanja disini, tawar barang 50% dari harga yang dipasarkan. Jika penawaran tidak deal, maka cari di tempat yang lainnya namun dengan penawaran yang sedikit lebih tinggi dari sebelumnya.

MANDING (1)

Lokasi Desa Wisata Manding

Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding berada di persimpangan Jl. Parangtritis km 11, atau tepatnya di  Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul. Sekitar 15 km dari pusat kota Jogja ke arah selatan menuju Pantai Parangtritis. Akses menuju Manding mudah karena Jalan Parangtritis ini dilalui oleh banyak kendaraan umum seperti bis. Atau jika mengendarai kendaraan pribadi, maka perjalanan ke Manding akan lebih mudah. Jika datang beserta rombongan wisata, anda bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan produk kulit yang dikerjakan oleh warga sekitar dengan catatan sebelumnya membuat janji dengan salah satu produsen setempat atau menggunakan jasa tour yang ada di Yogyakarta.

Baca Juga:  Pantai Glagah Nan Megah

Peta Desa Wisata Manding

Tags Populer:

manding desa kerajinan kulit yang mendunia,tas kulit manding bantul,manding jogja,pengrajin tas kulit jogja,kerajinan kulit,kerajinan kulit manding,kerajinan kulit jogja,Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta,sepatu kulit jogja,manding bantul