pantai gesing

Pantai adalah salah satu jenis tempat wisata yang cocok untuk Anda kunjungi saat Anda sedang ingin bersantai bersama keluarga. Tapi masalahnya, kebanyakan pantai sangat ramai saat musim liburan, sehingga sangat susah untuk mendapatkan suasana yang tenang dan santai. Jika Anda ingin bersantai di pantai yang tenang, Anda harus mengunjungi pantai Gesing Gunung Kidul. Pantai ini tidak seramai pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, karena memang letaknya di daerah yang cukup terpencil, sehingga cukup susah untuk ditemukan. Bahkan, belum banyak papan-papan penunjuk arah ke pantai ini, sehingga biasanya para wisatawan memilih untuk mengunjungi pantai-pantai yang memang sudah terkenal dan komersil saja.

Pantai Gesing terletak di desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pantai ini tidak terlalu jauh dari Kotagede. Jaraknya sekitar 35-40 km, dan jika menggunakan sepeda motor, kira-kira membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai kesana. Jalur yang harus dilalui antara lain adalah Jl Imogiri Timur, Kebon Agung, Selopamioro, dan akhirnya Panggang. Setelah sampai di Panggang, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke arah timur, sampai Anda menemui sebuah pohon beringin besar di utara jalan. Lalu, Anda harus berbelok ke kanan. Letak pantai Gesing sekitar 10 km dari situ. Jalannya cukup bagus, jadi Anda tidak perlu khawatir. Hanya memang, beberapa kilometer sebelum pantai Gesing, kondisi jalannya rusak.

Menemukan pantai yang belum dikomersilkan seperti pantai Gesing memang tidak mudah. Tapi, satu hal yang cukup menguntungkan adalah saat Anda sampai disana, Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Bahkan tempat parkir yang resmi pun belum ada. Jadi, pastikan bahwa kendaraan Anda sudah aman terkunci sebelum Anda meninggalkannya. Pemandangan di pantai Gesing cukup menarik. Disana, Anda dapat bermain-main air, atau memancing ikan. Satu hal yang cukup unik dari pantai Gesing adalah adanya daerah dengan air yang dangkal dan batu-batu karang. Disana, Anda dapat mencari ikan hias laut yang biasanya berenang ataupun bersembunyi di batu-batu karang tersebut. Jika Anda berencana untuk mencari ikan hias laut, sebaiknya Anda membawa jaring kecil dari rumah. Jika Anda ingin menikmati pemandangan sekitar pantai Gesing dengan lebih jelas, Anda dapat mendaki tebing yang ada disana. Tapi, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan ekstra hati-hati.

Baca Juga:  Pantai Baron, Pioner Wisata Pantai di Gunung Kidul

Di pantai Gesing ada warung makan. Tapi, warung makan milik bu Poniyati ini tidak selalu buka, mungkin karena pengunjung pantai ini relatif sedikit. Jadi, sebaiknya jika Anda ingin berkunjung ke pantai Gesing, Anda membawa bekal dari rumah. Selain itu, pastikan bahwa Anda membawa berbagai macam kebutuhan Anda dari rumah karena pantai ini minim fasilitas. Contohnya, disana kekurangan air bersih. Bahkan, kamar mandi umum pun belum ada. Karena kurangnya fasilitas inilah, kebanyakan orang yang berkunjung ke pantai Gesing adalah mereka yang memang gemar berpetualang.

This slideshow requires JavaScript.

(Images : alld-srproduction.blogspot.com | azzamudin.wordpress.com | yogyakarta.panduanwisata.com)

Tags Populer:

pantai gesing,pantai gunung kidul yang paling bagus,pantai gesing jogja,pantai Gesing yogyakarta,pantai gesing gunung kidul,kasus pantai gesing,letak pantai gesing,pantai gesing gunungkidul,pantai gesing wonosari