pantai wediombo gunung kidul

Pantai Wediombo adalah pantai di wilayah Gunung Kidul yang menyajikan pemandangan pantai yang indah. Pantai Wediombo cukup unik. Dibandingkan dengan daratan di sekitarnya, pantai ini jauh lebih kebawah. Jadi, saat kita tiba di pantai ini, kita harus menuruni beberapa puluh anak tangga. Pemandangan yang dapat kita nikmati sembari menuruni tangga menuju pantai ini cukup menarik. Kita bisa melihat rumah-rumah penduduk, ladang, dan vegetasi mangrove. Kita juga bisa menjumpai penduduk sekitar yang sibuk merawat ternak di kandang, atau membawa rerumputan untuk ternak mereka.

Saat mendengar nama Wediombo, sebagian besar orang, terutama yang mengerti bahasa Jawa, akan membayangkan sebuah pantai dengan hamparan pasir yang sangat luas. Tapi sebenarnya, pantai Wediombo tidak seluas itu karena bagian barat dan timur pantai ini diapit oleh bukit karang. Jadi, pantai ini lebih menyerupai sebuah teluk yang cukup lebar. Pantai Wediombo menyajikan pemandangan pantai yang indah, dengan air laut yang biru. Pasir putih pantai ini juga masih terjaga, karena memang pantai ini tidak seramai pantai-pantai lainnya. Karena relatif sepi, pantai Wediombo sangat cocok bagi mereka yang ingin sekedar bersantai di pantai untuk melepas rasa jenuh, baik bersama keluarga ataupun teman-teman.

Pemandangan yang indah dan suasana yang tenang belum mencakup semua yang dapat kita nikmati di pantai Wediombo. Pantai ini masih menawarkan beberapa hal lain yang cukup menarik. Contohnya, di pantai yang indah ini, kita bisa memancing ikan dari bukit karang. Hanya saja, memancing ikan dari bukit karang bukanlah hal yang mudah. Untuk menjangkau bukit karangnya saja, kita harus berjalan cukup jauh ke arah timur, dan tentunya mendaki karang yang terjal dan licin. Kita harus ekstra hati-hati dan mempunyai stamina yang kuat untuk mendaki bukit karang ini. Orang-orang yang sudah berpengalaman pun membutuhkan setidaknya 1 jam untuk mendaki bukit karang ini.

Baca Juga:  Menikmati Indahnya Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Walaupun bukit karang tempat memancing di pantai Wediombo cukup melelahkan untuk dijangkau, kita akan mendapatkan hasil yang sepadan. Bukit tersebut merupakan tempat yang sangat strategis untuk mendapatkan ikan-ikan yang besar. Salah satu jenis ikan yang sering didapatkan oleh mereka yang memancing di bukit ini antara lain adalah ikan cucut. Untuk memancing disana, kita tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Kita hanya memerlukan sebuah alat pancing, dan tentunya umpan yang cukup. Di pantai Wediombo, para pengunjung yang ingin mendapatkan ikan laut tanpa harus repot-repot memancing bisa membeli saja, dan harganya pun cukup murah. Disana biasanya ada beberapa pemancing yang menjual hasil tangkapan mereka baik per ekor ataupun per ikat yang isinya sekitar 5-6 ekor ikan.

This slideshow requires JavaScript.

(Images : warawirigue.blogspot.com | jejalan.com | www.pesonagunungkidul.com)

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Pantai yang terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, Gunung Kidul ini cukup mudah untuk dijangkau. Dari pertigaan Tepus sebelum menuju ke pantai Siung, kita hanya perlu berbelok ke kanan dan mengikuti jalan tersebut hingga kita menemukan papan petunjuk ke pantai ini. Harga tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 5.000.

Peta Pantai Wediombo

Tags Populer:

casting wediombo,ikan 10 Wedi Ombo Kulon,pantai wedi ombo air tawar,sport memancing wedi ombo 2017,spot mancing di jogja,spot mancing wediombo,tempat beli umpan mancing di pantai wedi ombo jogja,tempat beli umpan pancing jogja,umpan mancing di pantai indrayati jogja