kebun-buah-mangunan

Ada banyak sekali obyek wisata yang bisa Anda kunjungi di selatan kota Yogyakarta. Salah satu diantaranya adalah kebun buah Mangunan. Lokasi obyek wisata ini mudah untuk dijangkau, dan jalan menuju kesana sudah beraspal mulus. Dan dalam perjalanan kesana, Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan yang indah, di tepi sungai Opak.

Setelah sampai di kebun buah Mangunan, Anda dapat dengan mudah memarkir kendaraan Anda. Obyek wisata ini memiliki lahan parkir yang sangat luas, yang cukup untuk menampung banyak kendaraan. Hanya saja, memang jalan masuk ke obyek wisata ini tidak terlalu besar. Lebar jalan beraspal ini hanya sekitar 3 meter. Salah satu hal yang pasti akan langsung Anda sadari saat sampai di obyek wisata ini adalah udaranya. Udara di kebun buah Mangunan sangat sejuk, dan bebas dari polusi. Selain itu, pemandangan disana juga sangat indah. Menurut beberapa sumber, dulunya kebun buah Mangunan adalah dasar laut. Tapi kemudian, daerah itu terangkat keatas sehingga membentuk lembah dan ngarai. Menurut para ahli, ini dapat dilihat dari susunan batu dan cekungan dibawahnya.

Kebun buah Mangunan menempati areal yang sangat luas, sekitar 23,5 Ha. Disana, terdapat berbagai macam tanaman buah-buahan dan peternakan. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan saat berkunjung ke kebun buah Mangunan. Obyek wisata ini memiliki area kemah, kolam pemancingan, kolam renang untuk anak-anak, arena bermain anak, dan sarana outbond seperti red flying, flying fox, dan sebagainya. Kebun buah Mangunan juga menyediakan penginapan bagi para pengunjung yang ingin menginap disana. Selain cocok untuk tempat berwisata sekeluarga, kebun buah Mangunan cocok untuk berbagai acara. Di obyek wisata ini terdapat sebuah aula besar yang dapat menampung sekitar 300 orang, dan sebuah aula berukuran sedang yang dapat menampung sekitar 100 orang. Jika Anda gemar bersepeda, kebun buah ini adalah tempat yang cocok. Disana, terdapat dua lintasan trek untuk downhill dan cross country.

Baca Juga:  Tirta Budi, Blue Lagoonnya Yogyakarta

Sesuai dengan namanya, tentunya hal utama yang ditawarkan oleh kebun buah Mangunan adalah indahnya pemandangan kebun buah-buahan. Disana, terdapat sekitar 1500 pohon durian, 300 pohon jambu air, 220 pohon jeruk, 950 pohon mangga, dan aneka tanaman buah-buahan lainnya. Kebun buah Mangunan juga memiliki peternakan sapi dengan jumlah sapi sekitar 40 ekor.

(Images : yogyakarta.panduanwisata.com | azzamudin.wordpress.com)

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Untuk mengunjungi kebun buah ini, Anda dapat melewati Jl Parangtritis. Setelah Anda sampai di perempatan yang memotong ring road selatan di sebelah terminal Giwangan, Anda haru berbelok ke kiri menuju arah Wonosari. Anda tidak perlu khawatir karena di ring road ada banyak papan penunjuk jalan. Setelah Anda sampai di perempatan ring road Jl Imogiri, Anda harus berbelok ke kanan, dan mengikuti jalan tersebut, sampai melewati makam raja di Imogiri. Anda akan menemukan papan penunjuk arah ke Dlingo. Kemudian, Anda akan tiba di kebun buah Mangunan.

Peta Kebun Buah Mangunan

Tags Populer:

kebun buah mangunan,mangunan gunung kidul,mangunan,Taman buah mangunan,kebun buah imogiri,kebun buah mangunan gunung kidul,kebun buah imogiri jogja,kebun buah mangunan imogiri,taman buah imogiri,lokasi kebun buah mangunan