candi gebang yogyakarta

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta ingin mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Walaupun Candi Borobudur masuk dalam wilayah Magelang, letaknya masih cukup dekat dengan Yogyakarta. Tapi sebenarnya, masih ada banyak candi lain yang dapat mereka kunjungi. Salah satu candi yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Candi Gebang. Candi ini terletak di Dusun Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Menurut para ahli, candi yang merupakan candi Hindu ini dibangun sekitar abad ke 8, tepatnya di jaman kerajaan Mataram kuno. Candi ini ditemukan pada tahun 1936. Candi ini ditemukan secara tidak sengaja, saat seorang penduduk yang sedang mencangkul menemukan arca Ganesha. Kemudian, pada tahun 1937-1939, candi ini dipugar oleh Prof. Ir. F.R. Van Romondt. Candi ini bukanlah candi yang besar. Ukuran candi ini kira-kira 5,25 x 5,25 meter, dan tingginya 8 meter.

Candi Gebang berada diantara kompleks perumahan dan pemukiman penduduk. Di sisi timur candi ini, terdapat pintu untuk masuk kedalam ruangan candi. Di dalam ruangan tersebut, terdapat lingga dan yoni. Tapi sayangnya, lingga yang seharusnya tertancap di atas yoni sudah tidak ada. Walaupun kecil, Candi Gebang adalah sebuah candi yang unik. Contohnya, candi ini dibangun tidak untuk dimasuki. Jadi, untuk masuk ke bilik harus menggunakan tangga. Selain itu, arca Ganesha yang ditemukan di candi ini terletak di belakang, dengan posisi duduk di atas sebuah yoni tersendiri.

Karena ukuran candi yang relatif kecil, Anda tidak memerlukan banyak waktu untuk mengamati candi ini secara detil. Apalagi, candi ini adalah candi yang polos, tanpa relief. Tidak ada obyek wisata lain di sekitar candi ini. Tapi tentunya, karena letaknya tidak jauh dari kota Yogyakarta, Anda dapat langsung mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya tanpa harus menempuh perjalanan yang panjang.

Baca Juga:  Candi Sambisari

(Image : backpackology.me)

Lokasi & Harga Tiket Masuk Candi Gebang

Candi Gebang sangat dekat karena letaknya hanya sekitar 11 km dari kota Yogyakarta. Hanya saja, candi ini tidak terlalu mudah untuk ditemukan karena walaupun letaknya tidak jauh dari kota, letaknya cukup tersembunyi. Untuk mengunjungi candi ini, Anda harus menemukan pasar Condongcatur terlebih dahulu. Untuk sampai ke pasar ini, Anda harus berbelok kearah timur dari ring road Condongcatur, melewati rumah sakit JIH. Anda akan menemukan pasar ini di sebelah kiri jalan. Anda harus berbelok ke kiri, masuk ke jalan di sebelah pasar tersebut. Sebenarnya disana ada papan penunjuk jalan ke Candi Gebang, tapi tersamarkan oleh papan-papan iklan. Jarak dari pasar Condongcatur sampai ke Candi Gebang sekitar 1 km. Jadi, setelah masuk ke jalan di samping pasar tersebut, Anda tinggal lurus terus sampai Anda menemukan tugu Sleman berukuran kecil. Disana ada papan penunjuk jalan menuju ke Candi Gebang. Biaya retribusi untuk masuk ke obyek wisata ini sangat murah. Biaya untuk orang dewasa Rp. 2000,- sedangkan biaya untuk anak-anak Rp. 1000,-. Candi yang ukurannya relatif kecil ini menghadap ke arah timur.

Peta Candi Gebang

Tags Populer:

sejarah candi gebang,candi gebang