Candi Barong

Sebagai orang Indonesia, seharusnya kita tidak perlu bingung jika ingin berwisata karena kekayaan dan keanekaragaman obyek wisata yang kita punya. Keindahan alam yang kita punya merupakan obyek wisata yang banyak diminati dan mashur seantero jagad. Akan tetapi, wisata purbakala kita nampaknya belum menjadi primadona bahkan bagi rakyat Indonesia sendiri. Warisan bangunan nenek moyang kita zaman dahulu nampaknya belum menarik hati banyak orang Indonesia untuk mengunjunginya.

Jika menyebut kata candi, ingatan kita hanya akan terbatas pada Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Padahal di Jawa Tengah dan Yogyakarta saja, terdapat sekurang-kurangnya 11 candi. Salah satu yang unik adalah Candi Barong. Candi yang terletak di Dusun Candisari, Kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta ini merupakan candi peninggalan agama Hindu. Yang unik dari Candi Barong adalah terdapat hiasan kala relung tubuh candi sehingga menyerupai Barong. Itulah alasan mengapa candi ini dinamakan Candi Barong. Selain itu, yang membuat Candi Barong berbeda dengan candi-candi lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah bangunannya. Bangunan Candi Barong merupakan punden berundak, bangunan suci khas masa pra-Hindu.

Dengan keunikan tersebut sudah seharusnya kita patut bersyukur, karena nenek moyang kita telah mewariskan bangunan yang sangat indah serta memuat nilai filosofis yang sangat tinggi pada bangunan candi Barong. Tugas kita adalah menjaga, melestarikan, serta memperkenalkannya kepada dunia. Jangan sampai kita menelantarkan apalagi sampai merusak warisan nenek moyang kita.

Bagi yang belum pernah mengunjungi Candi Barong, maka berkunjung dan berwisata ke candi tersebut merupakan salah satu cara untuk melestarikan warisan nenek moyang kita itu. Bagi yang sudah pernah mengunjungi Candi Barong, mengajak teman untuk mengunjungi Candi Barong merupakan cara yang tepat untuk ikut melestarikan Candi Barong. Selain itu membagi pengalaman serta cerita, baik melalui tulisan maupun rekaman video, ketika berwisata ke Candi Barong merupakan cara yang jitu untuk ikut memperkenalkan kepada dunia. Sehingga, akan lebih banyak lagi orang yang berminat untuk mengunjungi Candi Barong.

Baca Juga:  Melihat Uniknya Museum Ullen Sentalu

Lokasi & Harga Tiket Masuk Candi Barong

Letaknya yang berdekatan dengan obyek wisata kompleks Ratu Boko membuat akses ke Candi Barong relatif murah dan mudah, karena  kompleks Ratu Boko merupakan tujuan wisata yang cukup terkenal di Jogjakarta. Tiket masuk ke Candi ini hanya Rp 5.000.

Peta Candi Barong

 

Tags Populer:

sejarah candi barong,Legenda candi barong,mitos candi barong