candi-sambisari

Saat Anda sedang berada di Yogyakarta untuk liburan, Anda dapat mengunjungi beberapa candi yang ada disana. Salah satunya adalah Candi Sambisari. Memang candi ini tidak seterkenal Candi Prambanan atau Candi Borobudur. Tapi, sebenarnya candi ini cukup menarik untuk dikunjungi, dan ada banyak cerita yang menarik tentangnya. Candi ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penduduk pada tahun 1966. Kemudian, penggalian pun dilakukan, dan ternyata ditemukan arca-arca kuno beserta ratusan bongkahan batu candi. Bongkahan-bongkahan batu candi yang ditemukan itu pun mulai dirangkai, dan selesai 21 tahun kemudian. Ini waktu yang sangat lama, tapi dapat dimaklumi karena menyusun sebuah candi yang telah tercerai berai tidaklah mudah.

Menurut perkiraaan para ahli, Candi Sambisari dibangun sekitar tahun 812 – 838 M. Di kompleks Candi Sambisari terdapat sebuah candi utama dan tiga buah candi perwara atau candi pendamping. Ukuran candi utama 13,65 x 13,65 meter dan tingginya 7,5 meter. Candi utama yang menghadap ke barat ini terdiri dari bagian alas, tubuh, dan atap. Di candi utama ini, terdapat satu bilik. Sayangnya, ketiga candi perwara yang ada di kompleks candi ini sudah tidak utuh lagi. Yang tersisa dari candi-candi ini hanyalah bagian kaki saja, tanpa bagian tubuh dan atap. Candi-candi perwara di kompleks Candi Sambisari ini masing-masing berukuran 4,80 x 4,80 meter.

Ada banyak hal menarik yang dapat Anda lihat di Candi Sambisari. Candi utama di kompleks candi ini cukup unik karena tidak memiliki alas seperti sebagian besar candi lainnya yang ada di pulau Jawa. Selain itu, di bagian kaki candi, tidak ditemukan relief atau hiasan apapun. Relief serta hiasan terdapat pada bagian tubuh sampai dengan bagian puncak candi utama ini. Jika Anda naik ke pintu masuk di candi utama, Anda akan menjumpai hiasan yang menggambarkan seekor singa di dalam mulut Makara, yang merupakan hewan ajaib dalam mitologi Hindu. Selain itu di bilik candi utama, Anda juga dapat melihat lingga dan yoni yang ukurannya cukup besar.

Baca Juga:  Menguji Nyali Dengan Naik Kereta Gantung di Pantai Timang

Setelah selesai melihat-lihat, Anda dapat mengunjungi ruang informasi Candi Sambisari. Disana, Anda dapat melihat foto-foto yang menunjukkan proses penggalian dan rekonstruksi candi tersebut.

(Image : onthelpotorono.wordpress.com)

Lokasi & Harga Tiket Masuk Candi Sambi Sari

Letak Candi Sambisari tidak jauh dari kota Yogyakarta, hanya sekitar 12 km saja. Candi ini terletak di Desa Sambisari, yang masuk dalam wilayah kelurahan Purwomartani, Kalasan. Untuk sampai ke candi ini, Anda dapat melewati jalan raya Jogja-Solo ke arah timur. Di km 15, Anda akan menemukan papan penunjuk jalan menuju candi ini. Jarak dari jalan besar ke candi ini sekitar 2 km. Jalan menuju ke candi ini cukup luas, dan setelah Anda sampai disana, Anda akan menemukan areal parkir di sekitar candi yang aman dan memadai. Mungkin Anda akan merasa terkejut karena harga tiket masuk ke candi ini sangat murah. Para pengunjung dewasa hanya perlu membayar Rp. 2000,- saja, sedangkan untuk anak-anak Rp. 1000,-.

Peta Candi Sambi Sari

Tags Populer:

alamat candi sambisari,letak candi sambisari,candi sambisari,candi sambisari denah,kekurangan pada candi sambisari