Berlibur ke kota Jogja rasanya nggak lengkap kalau tidak berburu kulinernya. Beberapa kuliner khas Jogja yang bisa kamu nikmati misalnya gudeg, bakpia, dan juga makanan kecil khas lain yang bisa dengan mudah kamu temukan di pinggir-pinggir jalan. Nah, kuliner Jogja dengan citarasa yang manis akan lebih nikmat kalau kamu nikmati di tempat makan malam yang suasananya romantis, seromantis jalanan kota Jogja. Kebanyakan wisatawan lebih suka menikmati suasana Jogja dengan makan di warung-warung lesehan ditemani dengan alunan musik tradisional. Tapi di 5 tempat makan malam romantis berikut kamu bisa menambah kesan liburan tersendiri, apalagi kalau sedang liburan bersama kesayangan kamu.

Perpaduan arsitektur kolonial dan Mataraman di Omah Dhuwur Resto

Omah Dhuwur Resto

Bukan Jogja namanya kalau nggak bisa memadukan unsur tradisional dengan unsur Barat dengan apik dan cantik. Salah satu buktinya bisa kamu lihat di Omah Dhuwur Resto yang terletak di Jalan Mondarakan No. 252, kawasan Kotagede ini. Restoran ini menggunakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang dimodifikasi dan dipadukan dengan gaya kerajaan Mataram jaman dulu, karena Kotagede merupakan asal muasal dari Kerajaan Mataram. Kotagede sendiri selain memiliki nilai sejarah, ia merupakan kawasan pusat perak di Jogja untuk kamu berburu perhiasan atau souvenir dari perak asli. Nggak cuma suasananya saja yang perpaduan antara Barat dan Jawa, menu yang disajikan pun begitu. Menu tradisional yang ditawarkan di sini antara lain adalah kakap bumbu kuning, ayam goreng bumbu sere, guramel growol, dan nggak ketinggalan tiwul yang merupakan jajanan tradisional dari singkong. Kamu juga menikmati sajian internasional seperti spaghetti with dori fish, black angus tenderloin, rib eye, prawn, dan masih banyak lainnya. Makan di sini kamu harus mengeruk kocek lebih dalam karena harga makanan dan minumannya mulai dari 75 ribu sampai 250 ribu rupiah, tetapi yang jelas sebanding dengan citarasa dan suasana romantis yang kamu dapat.

Baca Juga:  5 Restoran Bertema Etnik di Jogja

Rasa tradisional, kelas internasional di Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant

Satu lagi restoran elit yang bisa kamu nikmati selama berkunjung ke Jogja yaitu Abhayagiri Restaurant yang terletak 30 km ke timur dari pusat kota Jogja. Tepatnya alamatnya berada di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Kecamatan Sleman. Letaknya cukup berdekatan dengan Candi Prambanan dan Candi Boko yang megah. Bahkan selagi kamu menyantap hidangan yang lezat dan dimasak oleh koki profesional kamu akan disuguhi dengan pemandangan candi yang mengesankan. Nggak cuma pemandangannya saja yang membuat makan di Abhayagiri Restaurant berkesan, interior restorannya juga nggak lepas dari nilai-nilai tradisional dengan motif-motif batik dan juga batuan andesit. Makanan andalan Abhayagiri Restaurant adalah Abhayagiri Duck Special yang dimasak dengan teknik slow cooking sehingga daging bebeknya empuk. Daging bebek yang empuk disajikan dengan saos khas Abhayagiri dan juga nasi kuning yang gurih. Bersantap di Abhayagiri Restaurant yang merupakan bagian dari Sumberwatu Heritage Resort ini bisa kamu nikmati mulai dari harga 50 ribu rupiah sampai 195 ribu rupiah.

Kembali ke kesederhanaan kota Jogja di Bukit Watu Lumbung

Bukit Watu Lumbung

Lupakan kemewahan, lupakan gemerlap lampu kota yang bisa buat orang lupa diri, di Bukit Watu Lumbung ini kamu akan diingatkan kembali untuk hidup sederhana, jujur, dan pastinya mencintai lingkungan. Bukit Watu Lumbung merupakan tempat wisata yang cukup baru di Jogja, letaknya ada di Kampung Edukasi Watu Lumbung, Bukit Parangtritis, Kretek, Bantul. Di sini kamu akan menemukan dua kedai super sederhana yang memanfaatkan bahan alami untuk struktur bangunannya, yaitu Kedai Mas Boy yang menyajikan makanan-makanan tradisional, dan juga Kedai Wedangan yang menyediakan berbagai minuman. Konsep kedainya sangat unik, kamu bisa mendapatkan paket makanan gratis apabila menukarkan tiga buah buku layak baca untuk program perpustakaan setempat. Kamu juga akan mendapatkan diskon khusus apabila ikut bantu-bantu di kedai seperti mencuci piring dan gelas sendiri. Tidak ada kasir yang akan melayanimu, kalau mau bayar masukkan sendiri ke tempat yang sudah disediakan. Karena menghadap ke barat, kamu akan bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam sambil menikmati hembusan angin segar di atas bukit.

Baca Juga:  5 Restoran Bertema Etnik di Jogja

Menikmati masakan Jawa sampai Italia di Gadjah Wong Resto

Gadjah Wong Resto

Restoran Gadjah Wong merupakan tempat makan romantis di Jogja yang sudah terkenal nggak hanya di Jogja tetapi juga bagi masyarakat luar kota. Ini karena selama lebih dari 10 tahun Gadjah Wong Resto selalu menjadi rujukan tempat makan malam bagi masyarakat luar kota yang sedang berkunjung ke Jogja. Gadjah Wong Resto terletak di Jalan Affandi (dulu Jalan Gejayan), Condongcatur, Sleman. Apa yang bikin tempat ini begitu special? Mulai dari makanannya yang banyak pilihan, kamu bisa merasakan masakan khas Indonesia dengan bumbu yang otentik, atau pilih masakan India yang penuh dengan rempah-rempah, atau pilihan kamu jatuh kepada masakan pasta ala Italia yang menggoyang lidah. Hal yang unik selanjutnya dari Gadjah Wong Resto adalah pembagian ruangannya. Di sini kamu bisa memilih untuk duduk di ruangan yang memiliki tema-temanya sendiri. Misalnya ruang Kura-Kura yang dilengkapi dengan alunan musik gamelan, lalu ada ruang Gadjah dengan alunan musik latin, dan ruang Bebek dengan musik jazz-nya. Kamu juga bisa duduk di ruang Monyet yang terletak di balkon, di ruang Lorong yang terdapat di ruang bawah tanah, dan juga Riverside Gazebo dengan gazebo-gazebo kecil outdoor di sebelah sungai.

Istirahatkan mata di balkon belakang Restoran Bukit Indah

 

Restoran Bukit Indah

Tempat makan malam romantis di Jogja yang terakhir adalah di Restoran Bukit Indah. Letak dari restoran ini jadi satu dengan Hotel Bukit Indah yang terletak di Jalan Jogja – Wonosari km 15 dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Di restoran ini kamu bisa mengambil tempat di balkon belakang yang pemandangan akan langsung memperlihatkan kota Jogja yang padat di bawah bukit. Semakin jauh kamu melihat kamu akan melihat deretan bukit yang hijau yang membentengi kota Jogja. Saat matahari terbenam kamu dapat menyaksikan indahnya lukisan langit dengan semburat kemerahan dan digantikan dengan gelapnya malam dan gemerlapnya lampu-lampu kota. Menu yang disediakan cukup beragam, kamu bisa memesan berbagai menu seafood seperti gurameh, udang, kakap, dan tuna. Ada juga berbagai olahan daging ayam dan sapi, mie, dan sayuran, Sedangkan untuk makanan pembuka, kamu bisa memesan salad. Atau ingin sekedar bersantai dan ngobrol dengan teman seperjalanan kamu bisa memesan makanan kecil seperti french fries, toast, dan bananan roll cheze. Makan di Restoran Bukit Indah nggak perlu kantong kerampokan, karena harga makanan dan minumannya cukup murah yaitu mulai dari 3 ribu rupiah sampai 60 ribu rupiah per porsinya.  Harga yang cukup murah untuk makanan lezat yang kamu santap dan suasana romantis yang bisa kamu rasakan.

Baca Juga:  5 Restoran Bertema Etnik di Jogja

Tags Populer:

tempat makan romantis di jogja murah,tempat makan di jogja yang romantis,cafe romantis di jogja,cafe murah dan romantis di jogja,tempat makan cozy di jogja,paket makan malam romantis di hotel di jogja,tempat dinner romantis dan murah di jogja,tempat makan yang ada gazebo jogja