Pantai Klayar Pacitan

Selain menjadi tempat kelahiran Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono, Pacitan Jawa Timur juga merupakan tempat dimana keindahan bersemayam karena disana terdapat pantai yang sangat eksotis yaitu Pantai Klayar. Eksotisme Pantai Klayar dikarenakan adanya hamparan pasir putih, batu karang mirip Sphinx, karang bolong, seruling laut dan air mancur alami hingga setinggi 10 meter.

Pantai Klayar tepat terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar berjarak sekitar 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan atau kurang lebih memakan satu jam perjalanan. Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, maka Anda akan sampai di Pantai Klayar dalam tempo kurang lebih tiga jam dengan kecepatan standar. Kondisi jalan menuju Pantai Klayar cukup menantang karena jalan masih relatif sempit. Selain itu kondisi aspal yang tidak mulus sepanjang jalan juga merupakan kendala tersendiri. Kondisi tersebut ditambah dengan kondisi tanah perbukitan dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim, oleh karena itu Anda harus ektra hati-hati ketika ingin mengunjungi Pantai Klayar. Akan tetapi Anda masih bisa menikmati pemandangan bukit dan lembah hijau yang indah di sepanjang perjalanan.

Bagi Anda yang ingin sekali melihat Sphinx di Mesir, anda tidak perlu jauh-jauh ke Mesir untuk melihatnya. Karena di Pantai Klayar Anda bisa menemukan “replika Sphinx”. Sphinx yang ada di Pantai Klayar merupakan karang raksasa yang terbentuk secara alami mirip dengan Sphinx yang menjadi ikon Mesir.

Salah satu yang menarik di Pantai Klayar adalah adanya seruling laut. Seruling laut adalah sebutan untuk suara yang ditimbulkan karena adanya tekanan udara yang disebabkan oleh tumbukan ombak yang melalui celah-celah kecil karang. Karena suaranya yang mirip dengan suara seruling, maka suara ini sering disebut dengan seruling laut.

Baca Juga:  Berburu Produk Kulit Berharga Miring di Desa Wisata Manding

Dengan segala keunikannya, Pantai Klayar rencananya akan diusulkan untuk didaftarkan sebagai warisan penting geologi internasional di UNESCO. Oleh karena itu sudah sepantasnyalah kita ikut berpartisipasi dalam usaha ini yaitu dengan berwisata ke Pantai Klayar.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Lokasi Pantai Klayar tepat berada di 35 Km sebelah barat kota pacitan, dapat ditempuh dengan estimasi 60 menit. Dari Jl. Brigjen Katamso ke selatan menuju pertigaan Jl. Ahmad Yani, lanjut ambil arah barat ke Jl. Nasional III, dari Jl. Nasional III terus hingga bertemu pertigaan Jl. Pacitan Solo ambil arah selatan dari sini selanjutnya anda akan dipandu rambu petunjuk arah hingga ke pantai Klayar. Harga tiket masuk ke Pantai Klayar Rp 5.000.

Peta Pantai Klayar

Video Pantai Klayar Pacitan:


View Pantai Klayar Pacitan in a larger map

Tags Populer:

pantai klayar pacitan,pantai klayar,pantai klayar pacitan jawa timur,lokasi pantai klayar,pantai klanyar,pantai klanyar pacitan,rute pantai klayar,letak pantai klayar,klayar pacitan,pantai klayar pacitan map