Wisata alam di Jogja memang sangat menarik, begitu juga wisata di kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dengan kondisi geografisnya yang terdapat Gunung Merapi di sebelah utara dan sungai yang mengalir ke arah selatan membuat daerah ini kaya akan objek wisata alam. Di mulai dari Kaliurang yang sejuk dengan berbagai objek wisata alam, lalu ada banyak sekali dan desa-desa wisata. Terbaru ada beberapa objek wisata berbasis air seperti Blue Lagoon dan Green Kayen.

Source by: nasirullahsitam
Source by: nasirullahsitam

Green Kayen adalah objek wisata baru yang terletak di Dusun Kayen, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman. Condongcatur yang begitu padat dan merupakan salah satu jantung keramaian Sleman menghadirkan objek wisata alam yang menyegarkan. Aliran sungai Boyong yang berpadu dengan bebatuan sungai menjadikan suasana di Green Kayen ini terasa sejuk. Masih ditambah dengan semak-semak hijau yang tumbuh di sekitarnya. Dan akan semakin sejuk jika Anda mencoba berenang di aliran air sungai dijamin segala pikiran penat akan hilang.

Sungai jernih yang berada di Dusun Kayen ini biasa dijadikan sebagai tempat wisata untuk mandi maupun berenang. Sebagai informasi, sebenarnya Green Kayen ini merupakan salah satu bendungan yang sudah ada sejak zaman Belanda dulu dengan bentuk kolam sedalam 4 meter. Green Kayen karena kampungnya namanya Kayen. Kalau hijau (green) karena lingkungannya masih hijau, banyak pohon, batu-batunya masih asli jadi dibersihkan memang bagus jadinya. Pada jaman dahulu sebelum dibuka menjadi obyek wisata, pemandian Green Kayen Sleman dikenal dengan nama Mantras atau Kali Mantras. Masyarakat setempat sudah lama menggunakannya sebagai lokasi mandi di sungai karena aliran airnya cukup bersih dan jernih. Namun untuk lebih mempopulerkan potensi wisata akhirnya dipilihlah nama Green Kayen yang kebetulan mirip dengan nama Green Canyon. Keputusan penetapan nama ini dilakukan oleh pengelola wisata yang berasal masyarakat setempat. Peresmian nama dan obyek wisata berbasis masyarakat dan pedesaan ini dilakukan oleh Bupati Sleman pada awal bulan Mei 2016 lalu.

Baca Juga:  Menikmati Wisata Gunung di Gunung Purba Nglanggeran
Source by: nasirullahsitam
Source by: nasirullahsitam

Aliran Sungai Boyong yang berada di dalam kawasan Green Kayen kondisinya masih terlihat alami dengan tebing setinggi 5 meter di kedua sisi. Ketiadaan dinding tanggul pada tepi aliran sungai dan banyaknya bebatuan alami menambah kesan alami kawasan. Selain itu, kedua tebing masih terlihat rimbun dengan tanaman tepi sungai seperti bambu, sengon, dan semak belukar. Hijaunya aliran sungai tersebut membuat tempat tersebut cukup menarik karena rata-rata tepi aliran sungai sudah dibeton atau dibuatkan tanggul pengamanan.

Pengunjung yang akan bermain air aliran Sungai Boyong atau Green Kayen disarankan mengenakan jaket pelampung demi keamanan. Jaket pelampung disediakan oleh pengelola wisata dan dapat disewa dengan harga yang cukup terjangkau. Sementara ini penjagaan baru dilakukan pengelola pada siang hari hingga sore hari pada hari-hari biasa karena jam-jam tersebut ramai dikunjungi wisatawan. Sedangkan pada hari minggu atau hari libur dari pagi hingga sore hari karena diperkirakan banyak wisatawan penasaran dan mendatangi tempat tersebut.

Source by: kompas
Source by: kompas

Sungai Kayen ini merupakan bagian dari Sungai Boyong yang berhulu di Gungn Merapi. Hingga saat ini, air yang mengalir di Grenn Kayen tersebut masih terhitung bersih dan jernih. Tak hanya itu saja, saat ini Green Kayen sudah banyak didatangi para pengunjung. Meskipun belum dikenai biaya masuk namun pengunjung tetap dikenai biaya parkir yang dikelola oleh pemuda Kayen. Biasanya Hari Jumat, Sabtu, Minggu ramai. Pemuda di Dusun Kayen sudah menyiapkan pelampung untuk mandi dan mengawasi para pengunjung karena kedalaman sungai kurang lebih 4 meter.

Source by: alvinmalana
Source by: alvinmalana

Objek wisata ini masih dalam proyek pengembangan. Anda bisa melakukan susur sungai menggunakan pelampung dengan menempuh rute sejauh sekitar 100 meter ke arah hilir. Bagi Anda yang memiliki anak kecil bisa menjadikan Green Kayen sebagai tempat liburan keluarga. Di lokasi ini kini juga dilengkapi fasilitas bermain flying fox dan area outbound. Lokasi Green Kayen berada dekat dengan Jalan Kaliurang Yogyakarta. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah utara melewati Jalan Kaliurang hingga kilometer 7. Patokan jalan masuk adalah gang jalan ke arah barat/kanandisamping Toko Cat Wawawa seteleh melewati Yonif 407 dan Pasar Kolombo. Ikuti jalan kecil yang membelah sampai perkampungan hingga ujung pertigaan yang terdapat sebuah tugu kecil pilih jalan ke kanan. Ikuti jalan tersebut hingga menemui lapangan dan letak Green Kayen berada dekat dengan lapangan tersebut. Bila masih belum jelas silakan tanya kepada penduduk sekitar yang Anda temui. Area parkir yang disediakan masih menggunakan lapangan desa dan tepi jalan, pengunjung diharapkan menggunakan kendaraan bermotor atau beroda dua menuju ke lokasi.

Baca Juga:  Kembang Soka, Air Terjun Terbaik Di Yogyakarta

 

Tags Populer:

green ca,green canyon yogya,green kayen,green kayen depok kabupaten sleman daerah istimewa yogyakarta,green kayen sleman regency special region of yogyakarta 55581,tiket masuk green kayen