Gua Gong Pacitan

Gong merupakan salah satu alat musik tradisional. Cara memainkannya adalah dengan cara dipukul. Dalam musik tradisional Jawa, alat musik ini memainkan peranan penting. Gong biasanya merupakan penanda dimulainya lagu dan juga diakhirinya satu satuan lagu. Gong biasanya terbuat dari leburan logam. Logam yang biasa digunakan adalah perunggu dan tembaga. Namun di Pacitan Jawa Timur ada sebuah obyek wisata unik yang bernama Gua Gong. Dinamakan Gua Gong karena bebatuan yang ada dalam gua tersebut jika dipukul maka akan mengeluarkan suara seperti bunyi gong.

Gua Gong Pacitan

Dari cerita yang tersampaikan secara turun temurun, gua ini ditemukan oleh duo Mbah Noyo Soemito serta Mbah Joyo Rejo. Alkisah, waktu itu Pacitan dilanda kekeringan hebat. Lalu kedua lelaki itu bertapa dalam Gua Gong dan menemukan empat sumber mata air. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1924. Namun Gua Gong ini tidak lagi disinggahi semenjak kepergian Mbah Noyo. Baru pada tahun 1995, masyarakat mencari kembali keberadaan Gua Gong ini.

Gua Gong ini ditasbihkan sebagai gua terindah se-Asia Tenggara. Hal ini tidak berlebihan, karena keindahan yang ditawarkan gua ini memang sesuatu yang sangat mengagumkan. Pesona stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama ribuan tahun di gua ini sungguhlah indah. Ditambah dengan cahaya lampu warna-warni yang diarahkan ke dinding batu, hal tersebut membuat pesona gua ini spektakuler.

Gua Gong ini memiliki enam ruangan. Ruangan pertama adalah ruang Sendang Bidadari. Ruang kedua adalah Ruang Bidadari. Ruang ketiga dan keempat adalah ruang kristal dan marmer. Ruangan kelima merupakan ruangan yang paling lapang. Ruang keenam adalah ruang pertapaan.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Goa Gong

Gua ini terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 30 Km dari Kota Pacitan, gua ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua atapun roda empat. Namun Anda perlu hati-hati jika berniat mengunjungi Gua Gong ini, sebab akses jalan yang berliku, naik turun, dan kerusakan aspal di beberapa titik membuat perjalanan menuju Gua Gong harus lebih ekstra hati-hati. Harga Tiket Masuk ke Goa Gong Sebesar Rp 5.000/ Anak dan Rp 10.000/ Dewasa

Baca Juga:  Hati-Hati! Pilihlah Agen Paket Wisata Jogja Yang Profesional

Peta Goa Gong

Tags Populer:

gua gong,gua gong pacitan,gua gong jogja,peralatan yang dibawa di gua gong pacitan