Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta. Kelezatannya masyhur seantero negeri. Sebagaimana makanan Jawa yang lainnya, citarasa gudeg cenderung manis. Namun hal berbeda bakal Anda rasakan ketika mencicipi gudeg pawon. Gudeg ini bercitarasa gurih. Bagi Anda yang tidak terlalu menggemari rasa manis pada makanan, Anda harus mencoba kuliner yang satu ini.

Bukan hanya citarasa yang membuat gudeg pawon ini berbeda dari gudeg-gudeg lain di Jogja. Ada beberapa hal unik yang menjadikan gudeg pawon lain dari yang lain. Salah satu keunikan dari gudeg pawon adalah tempatnya. Hal ini tercermin dari nama yang digunakan yaitu Gudeg Pawon. Pawon dalam bahasa Jawa berarti dapur. Gudeg ini memang dimakan langsung di dapur si penjual gudeg. Dapurnya masih sangat tradisional, menggunakan alat-alat tradisional serta masih menggunakan kayu sebagai bahan bakar. Selain bisa dinikmati di dapur, gudeg ini juga bisa dinikmati di teras rumah maupun di depan dapur.

memasak-Gudeg-Pawonmenikmati gudeg pawonHal lain yang membuat unik tempat ini adalah jam beroperasinya. Gudeg Pawon baru buka pada jam 22.30 WIB. Waktu yang ganjil dan sangat larut untuk sebuah usaha kuliner. Namun Gudeg Pawon memang sudah mempunyai penggemarnya sendiri, hanya beberapa jam setelah buka, pasti langsung ludes diserbu pembeli.

Gudeg Pawon beralamat di Jl. Prof. DR Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta. Gudeg ini sudah ada sejak 5 dekade lalu, tepatnya berdiri sejak tahun 1958 dan dirintis oleh Prapto Widarso. Sekarang gudeg ini dikelola oleh Sumarwanto, anak dari Prapto Widarso. Awalnya Gudeg Pawon dijual di Pasar Sentul Yogyakarta pukul 3 pagi dan di pasar sudah banyak yang mengantri untuk membeli gudeg ini. Namun lama-kelamaan banyak pelanggan yang langsung datang ke rumah untuk menikmati gudeg ini. Bahkan seringkali, gudeg habis sebelum sempat dijajakan di pasar. Oleh karena itu sejak tahun 2000 Prapto Widarso memutuskan untuk tidak lagi berjualan di pasar. Ia memutuskan untuk menjual gudegnya di rumah. Dan sejak saat itu pula gudeg ini beroperasi mulai dari jam 22.30 WIB.

Gudeg Pawon

Tags Populer:

gudeg pawon,gudeg pawon jogja,alamat gudeg pawon jogja,alamat gudeg pawon,makanan khas jogja,lokasi gudeg pawon yogyakarta,lokasi gudeg pawon jogja,gudeg pawon alamat,alamat gudeg pawon yogyakarta,lokasi gudeg pawon