senja di candi boko

Nama Candi Boko mungkin tidak setenar Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Namun, keindahan dan nilai historisnya tidak bisa dibilang kalah dengan kedua candi tersebut, serta menyimpan eksotisme tersendiri. Dilihat dari kontur dan arsitektur bangunannya, dahulu Candi Boko diperkirakan merupakan istana tempat tinggal para raja.

Candi Boko merupakan sebuah kompleks istana yang terhampar diatas permukaan tanah seluas 250.000 m2 dan terbagi menjadi empat area yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Begitu masuk area kompleks Candi Boko, maka Anda akan segera disambut oleh puluhan rentetan anak tangga yang harus Anda susuri satu per satu. Setelah itu Anda akan menemukan restoran dan pusat informasi. Dari situ Anda masih harus berjalan untuk sampai ke Candi Boko.

Setelah berjalan beberapa saat Anda akan sampai di Candi Boko. Anda akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan; hamparan tanah luas yang ditumbuhi rumput hijau yang sangat segar dan sangat terawat kebersihannya, pepohonan yang sangat rindang, gazebo yang menawan dan tentunya Candi Boko yang sangat eksotis. Kelelahan akibat menyusuri jalan akan hilang seketika.

istana candi boko

Candi Boko bukanlah tempat yang sulit untuk dikunjungi karena akses transportasi menuju kesana sangatlah mudah. Letaknya hanya 3 km dari Candi Prambanan yang terkenal itu. Jadi jika Anda dari arah Solo atau Klaten, maka harus menuju arah Piyungan setelah Candi Prambanan. Bagi Anda yang berangkat dari arah Jogja, sebelum pertigaan pasar Prambanan maka Anda harus berbelok ke kanan menuju arah Piyungan.

Karena letak kompleks Candi Boko berada di ketinggian 196 meter diatas permukaan laut, maka Anda akan dapat menikmati indahnya pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan yang berlatarkan Gunung Merapi. Tak heran jika banyak orang-orang yang sengaja mengunjungi kompleks Candi Boko pada pagi atau sore hari karena mereka ingin menikmati momen terbit dan tenggelamnya matahari yang terlihat sangat menakjubkan. Tak berlebihan kiranya jika kompleks Candi Boko merupakan salah satu spot terbaikyang berada di kawasan Jogja untuk menikmati senja.

(Images : Travel Kompas & Viva.co.id)

Lokasi & Harga Tiket Masuk Istana Ratu Boko

Untuk ke lokasi Istana / Keraton Ratu Boko jika anda dari arah Jogja cukup mudah, bisa langsung menuju arah Candi Prambanan melewati Jl. Solo, sesampainya di pertigaan lampu merah tepat di depan komplek Candi Prambanan belok ke kanan atau tepatnya ke Jalan Piyungan. Dari sini perjalan akan menempuh jarak sekitar 2 KM hingga tiba di gerbang masuk Istana Ratu Boko di sebelah kanan jalan. Dari situ anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang akan menuntun anda ke area parkir kendaraan. Dari parkiran perjalanan lanjut dengan berjalan kaki hingga tiba di Ratu Boko. Tips bagi anda yang memiliki rencana ke tempat ini, hindari kunjungan di siang hari karen terik matahari akan terasa sangat panas. Ratu Boko menyediakan tiket dalam dua kategori/paket. Untuk kategori reguler harganya Rp25.000 (sudah termasuk parkir berlaku dari mulai buka sampai pukul tiga sore. Setelah pukul tiga sore tiket akan masuk kategori kedua yakni sunset dengan harga Rp70.000.

Baca Juga:  Gua Gong Pacitan

Peta Istana Ratu Boko

Tags Populer:

abhayagiri resto di boko piyungan prambanan,candiboko yang hilang,indah nya candi boko