Memanjat Tebing di Pantai Siung

Biasanya orang akan membayangkan bermain-main di air, dan duduk bersantai di pasir saat mendengar kata “wisata pantai.” Tapi, jika mereka berkunjung ke Pantai Siung di Kabupaten Gunung Kidul, mereka dapat melakukan lebih dari sekedar bermain-main di air dan bersantai di hamparan pasir. Selain cocok untuk para penggemar wisata pantai, Pantai Siung juga cocok untuk orang-orang yang hobi panjat tebing. Tebing karang di pantai ini memiliki 250 jalur pemanjatan. Sangat banyak bukan? Jadi, para pemanjat tebing tidak akan pernah merasa bosan memanjat tebing disana karena ada banyak jalur pemanjatan yang dapat mereka coba. Selain itu, tentunya pemandangan dari atas tebing yang mereka panjat juga sangat indah.

Pantai Siung cukup sulit untuk dijangkau dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Biasanya, orang-orang yang berkunjung ke pantai ini menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor, karena menemukan angkutan umum sangat sulit. Kalaupun mereka dapat menemukan angkutan umum, mereka harus menunggu berjam-jam. Dan angkutan umum yang ada itupun hanya sampai ke Tepus saja, tidak sampai ke Pantai Siung. Lagipula, tentunya bagi orang-orang yang mengunjungi Pantai Siung untuk memanjat tebing, bepergian menggunakan kendaraan umum sangat merepotkan karena mereka biasanya membawa barang bawaan yang cukup banyak. Selain itu, membuang waktu berjam-jam hanya untuk menunggu angkutan umum tentunya sangat tidak efisien.

Setelah tiba di Pantai Siung, segala rasa letih akan segera sirna oleh bentangan alam yang indah, dan tebing yang menjulang tinggi. Tebing di Pantai Siung sudah cukup lama dijadikan areal pemanjatan. Areal pemanjatan di pantai ini dibuka pada tahun 2000. Dulu, sebelum tebingnya dijadikan areal pemanjatan, Pantai Siung sangat sepi, terpencil, dan kumuh. Tapi sekarang, pantai ini sudah menjadi lebih baik, karena sudah dibenahi dan dipercantik.

Baca Juga:  Pantai Watu Karung Pacitan

Di Pantai Siung terdapat banyak jalur pemanjatan. Jalur-jalur pemanjatan ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Menurut mereka yang gemar memanjat tebing, tingkat kesulitan jalur-jalur pemanjatan di pantai ini mulai dari 5.9 sampai dengan 5.13. Walaupun di pantai ini ada sekitar 250 jalur yang dapat dibuat, hanya 45 jalur yang benar-benar sudah jadi. Areal pemanjatan di Pantai Siung dibagi menjadi beberapa blok. Di setiap blok, ada beberapa jalur. Orang-orang yang ingin melakukan pemanasan dapat mengunjungi Blok A, dan mengambil jalur yang bernama jalur “Selamat Datang.” Sedangkan bagi mereka yang sudah berpengalaman dan menginginkan tantangan, tersedia jalur bernama jalur “Kuda Laut” yang paling tinggi dan tingkat kesulitannya juga cukup tinggi.

[Image : emithree.blogspot.com]

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Pantai Siung letaknya sekitar 70 km dari kota Yogyakarta. Jalur yang harus dilewati untuk mengunjungi pantai ini adalah Yogyakarta – Wonosari – Baron – Tepus – Pantai Siung. Sebenarnya ada dua jalur lain menuju ke pantai ini. Tapi, kedua jalur alternatif ini terlalu berat karena jalannya rusak, dan terlalu jauh. Tiket masuk pantai Siung sebesar Rp 10.000. Tiket tersebut merupakan tiket terusan jika anda ingin mengunjungi pantai lainnya disekitar barisan pantai gunung kidul.

Peta Pantai Siung

Tags Populer:

gambar tebing A sampai K di siung,tebing siung