Mencoba Melakukan Masangin di Alun-alun Kidul

masangin jogja

Selain tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, di Yogyakarta ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah Masangin. Untuk melakukan Masangin, Anda harus ke Alun-alun Selatan, yang juga dikenal sebagai Alun-alun Kidul atau Alkid. Alun-alun ini biasanya cukup ramai. Pada pagi hari, banyak orang yang berolahraga disana, seperti lari pagi, senam, atau bersepeda. Sedangkan pada sore hari, biasanya alun-alun ini ramai oleh anak-anak kecil dan orang tua mereka. Pada malam hari, alun-alun ini biasanya dipenuhi oleh para remaja yang sekedar nongkrong, atau nongkrong sembari makan di warung-warung yang ada disana. Dan memang, warung-warung ini hanya buka di malam hari saja.

Pada dasarnya, Masangin adalah hal yang sangat sederhana. Di tengah Alun-alun Kidul, terdapat dua buah pohon beringin besar, dan Anda harus berjalan melewati celah diantara dua pohon beringin besar tersebut. Kedengarannya sangat mudah bukan? Tapi tunggu dulu. Saat berjalan kearah celah diantara dua pohon beringin besar tersebut, mata Anda harus dalam keadaan tertutup. Dan Anda tidak bisa hanya sekedar menutup mata. Kedua mata Anda harus ditutupi dengan menggunakan kain, atau penutup mata yang banyak disewakan disana. Tarif sewa penutup mata hanya Rp. 3.000,-. Jadi, Masangin adalah hal yang menarik dan murah meriah, karena tidak ada tiket yang harus dibeli. Anda hanya perlu menyewa penutup mata dan membayar parkir untuk kendaraan Anda saja.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa gunanya melakukan Masangin. Berjalan lurus dengan mata tertutup mungkin terdengar mudah, tapi tidak di alun-alun ini. Sebelum Anda melakukan Masangin, Anda bisa melihat orang-orang disana yang sedang melakukannya. Anda akan melihat bahwa sebagian besar jalannya berbelok-belok tidak menentu. Bahkan, tidak jarang mereka menabrak sesama pengunjung yang melakukan Masangin, atau tembok yang mengelilingi pohon beringin besar yang ada disana. Konon, Masangin merupakan semacam tes. Orang-orang yang “tidak bersih” akan berjalan tidak menentu dan tidak berhasil melewati celah diantara kedua pohon beringin besar tersebut. Sedangkan orang-orang yang “bersih” akan dituntun oleh jin penunggu pohon beringin, sehingga berhasil melewati celah diantaranya dengan mulus.

Tidak menjadi masalah apakah Anda percaya dengan keberadaan penunggu pohon beringin Alun-alun Kidul atau tidak. Yang jelas, Masangin sangat menarik untuk dicoba. Tapi, Anda sebaiknya tidak melakukan Masangin sendirian. Harus ada orang lain yang bertugas untuk menjaga Anda saat melakukan Masangin, agar tidak menabrak sesama pengunjung, atau menabrak tembok. Menurut pengalaman, saat melakukan Masangin, kita akan merasa seakan-akan sudah berjalan dengan lurus. Tapi saat penutup mata dibuka, biasanya ternyata kita sudah melenceng dan berbelok dari “rute” yang telah kita bayangkan tadi. Setelah melakukan Masangin, Anda bisa bersantai di salah satu warung yang ada di alun-alun tersebut. Warung-warung disana menyediakan menu yang beragam, dan harganya cukup murah.

(Images : kaskus.co.id | up-your-toot.blogspot.com | kyumailes.blogspot.com | yogyakarta.panduanwisata.com)

Tags Populer:

alun alun kidul,alkid,parkir alun alun selatan jogja lari pagi,sepeda hias alun2 kidul,tempat jogjakarta yang ada pohon harus tutup mata,tutup mata di alun2 selatan