sunset di pantai trisik

Nuansa pedesaan, itulah kira-kira atmosfer yang akan kita jumpai ketika mengunjungi pantai Trisik, Kulon Progo, Jogjakarta. Rumah khas desa pesisir segera menyambut kita di sepanjang jalan menuju lokasi Pantai Trisik. Di sepanjang jalan menuju pantai Trisik kita dapat melihat warga memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan enceng gondok yang mereka dapatkan dari Ambarawa. Setelah dikeringkan, enceng gondok tersebut akan disetorkan atau dikirim ke berbagai daerah lain untuk disulap menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti tas, sandal, dan lain sebagainya.

Jika Anda beruntung, maka Anda juga akan dapat menyaksikan pertunjukan yang menakjubkan di langit Pantai Trisik. Karena Pantai Trisik diyakini merupakan tempat persinggahan berbagai macam burung dari berbagai wilayah. Anda dapat menyaksikan berbagai macam burung migran seperti trinil rawa, trinil pantai, trinil semak, kedidi leher merah, cerek kernyut, cerek kalung kecil dan layang-layang Asia. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan berbagai macam burung non migran seperti kuntul kerbau, walet sapi dan udang biru.

panorama pantai trisik

Selain “pertunjukan” burung di langit Pantai Trisik, Anda juga akan menikmati konservasi penyu milik kelompok “Penyu Abadi”. Sebagaimana kita ketahui bersama, penyu merupakan hewan yang dilindungi baik oleh undang-undang nasional maupun internasional. Hewan ini dilindungi karena keberadaannya saat ini semakin langka dan dikhawatirkan akan punah jika tidak dilindungi. Hal ini disebabkan oleh karena penyu memiliki siklus bertelur yang beragam, antara 2 sampai 8 tahun. Jadi, tergolong lama untuk bereproduksi. Selain itu ancaman dari predator pemangsa telur penyu juga menjadi hal lain yang membuat hewan ini perlu dilindungi.

Pantai Trisik tepatnya berlokasi di Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute menuju ke pantai Trisik relatif mudah, hanya berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Jika Anda dari Jogjakarta, maka Anda perlu memacu kendaraan anda menuju Kabupaten Bantul ke arah Kecamatan Srandakan. Sesampainya di Jembatan Kali Progo, terus hingga pertigaan Brosot, ambil jalan sisi selatan dan Anda akan menemukan Pantai Trisik yang kondang dengan konservasi penyu milik kelompok “Penyu Abadi”.

Baca Juga:  Misteri Garis Imajiner Jogja

pantai trisik jogja

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Trisik

alah satu cara paling mudah mengakses pantai ini dari arah Jogja adalah menyusuri jalan Bantul. Setelah sampai di Perempatan Palbapang, arahkan kendaraan ke arah timur. Dari sini tinggal lurus saja sampai melewati jembatan Kulon Progo. Selanjutnya tinggal ikuti jalan hingga menemukan papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Trisik. Arahkan kendaraan Anda pada petunjuk yang ada. HTM pantai ini masih sangat murah yakni Rp 2.000.

Peta Pantai Trisik

Tags Populer:

pantai trisik,sejarah pantai trisik,pantai trisik kulon progo,denah lokasi pantai trisik,harga tiket masuk pantai trisik 2017,htm pantai trisik,pantai trisik dari jembatan srandakan,petunjuk tulisan ke pantai trisik,trisik