gua jomblang

Gua Jomblang adalah satu dari sekian banyak gua di Gunungkidul. Gua Jomblang pertama kali dijelajahi pada tahun 1984 oleh kelompok penjelajah gua dari Yogyakarta. Gua ini cukup istimewa, karena pada tahun 2011, acara The Amazing Race America melakukan pengambilan gambar disana. Gua ini terletak di perbukitan karst pesisir selatan yang sangat panjang. Perbukitan karst ini membentang dari Gombong, Jawa Tengah, hingga Pacitan, Jawa Timur. Menurut para ahli, Gua Jomblang adalah gua dengan tipe collapse doline. Gua ini terbentuk akibat amblasnya tanah, yang terjadi ribuan rahun yang lalu. Karena Gua Jomblang adalah gua vertikal, diperlukan kemampuan teknik tali tunggal untuk memasukinya. Dan tentunya, peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan juga diperlukan. Untuk menyusuri gua ini, para pengunjung juga harus didampingi oleh penelusur gua yang berpengalaman.

Untuk menyusuri Gua Jomblang, pertama-tama para pengunjung harus memakai coverall, helm, sepatu boot, dan headlamp. Para pengunjung juga harus memakai SRT set yang terdiri dari seat harness, chest harness, ascender, auto descender, jammer, footloop, carabiner, dan cowstail panjang dan pendek. Memang kedengarannya cukup rumit, tapi ini semua diperlukan untuk dapat menjelajahi gua yang indah ini dengan aman. Di Gua Jomblang ada beberapa lintas yang dapat dilalui. Bagi para pengunjung yang belum berpengalaman dalam menjelajahi gua vertikal, sebaiknya lintasan terpendek yang dikenal dengan jalur VIP yang diambil. Di jalur VIP, 15 meter pertama merupakan lereng yang masih bisa ditapaki kaki. Tapi setelah itu, untuk sampai di dasar gua, para pengunjung harus menuruni tali sepanjang sekitar 20 meter. Ini cukup menakutkan, apalagi bagi mereka yang sama sekali belum pernah melakukan hal serupa. Tapi bagi para pengunjung yang sudah pernah melakukan kegiatan seperti panjat tebing, tentunya ini terasa biasa saja.

Baca Juga:  Menikmati Wisata Gunung di Gunung Purba Nglanggeran

Obyek wisata Gua Jomblang

Pemandangan di perut Gua Jomblang sangat mengagumkan. Pemandangan disana mirip dengan cerita-cerita dongeng, dimana terdapat tempat yang indah dan subur di dalam sebuah gua. Para pengunjung dapat melihat aneka lumut, semak, hingga pepohonan yang tumbuh dengan subur. Hutan yang ada di dalam gua ini adalah hutan purba, karena vegetasi ini hidup sejak terjadinya amblasnya tanah ribuan tahun yang lalu. Di dalam Gua Jomblang, terdapat sebuah lorong yang menghubungkan gua ini dengan Gua Grubug. Menjelajahi Gua Jomblang benar-benar petualangan yang unik. Tapi, jumlah peserta rombongan yang masuk ke dalam gua ini dibatasi, untuk menjaga kondisi gua dan stabilitas ekosistemnya.

Obyek wisata Gua Jomblang mungkin hanya cocok bagi mereka yang pemberani dan benar-benar suka berpetualang. Apalagi, sebenarnya gua ini mempunyai sejarah yang kelam. Dulu, gua ini menjadi salah satu tempat untuk membantai anggota PKI. Ratusan anggota PKI diperkirakan dibunuh di tempat tersebut dengan cara diikat dan dijatuhkan.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Gading > Wonosari > Semanu (terminal Semanu) > Mengikuti papan petunjuk Wisata kali suci > Kemudian ikuti papan petunjuk Goa Jomblang. Kalau Anda tidak memakai kendaraan pribadi Anda bisa menggunakan kendaraan umum melalui Terminal Giwangan (Jogja), Cari bus tujuan Wonosari (tarif sekitar Rp.9.000) Setelah sampai di terminal Wonosari (selang) pindah ke minibus menuju arah Semanu (tarifnya kurang lebih Rp. 7.000). Sesampai di terminal Semanu Anda bisa memakai jasa ojek untuk harga anda bisa menawar sesuai kesepakatan. Harga untuk dapat menikmati Goa ini cukup mahal namun sebanding dengan keindahannya, Mulai Rp 650.000/orang dengan minimal peserta 10 orang.

Peta Goa Jomblang

Tags Populer:

gua jomblang,tempat wisata alam di yogyakarta,hutan dan gua,image anak hutan purba