makam raja imogiri

Kita semua tahu bahwa makam bukanlah tempat untuk berwisata. Tapi, Makam Raja Imogiri bukanlah makam biasa. Disana, selain berziarah, kita dapat bersantai sembari menikmati sejuknya udara dan pemandangan yang indah. Kompleks pemakaman yang dikenal sebagai Pasarean Imogiri atau Pejimatan Girirejo Imogiri ini terletak di Imogiri, yang masuk dalam wilayah Bantul. Kompleks pemakaman ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan karena disana dimakamkan raja-raja dan keluarga raja dari kesultanan Mataram. Kompleks pemakaman ini dibangun pada tahun 1632. Kompleks pemakaman ini terletak di atas perbukitan, yang masuk dalam gugusan Pegunungan Seribu. Letaknya yang di perbukitan inilah yang membuat udara di Makam Raja Imogiri sejuk sehingga cocok sebagai tempat wisata. Selain itu, menurut para ahli, letak kompleks pemakaman di dataran tinggi sekaligus menunjukkan status sosial mereka yang dimakamkan disana.

Makam Raja Imogiri cukup mudah untuk dijangkau. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari kota Yogyakarta. Tentunya dengan syarat bahwa kondisi jalanan di Yogyakarta tidak macet. Belakangan ini, hampir di setiap akhir minggu, kota budaya ini dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah, sehingga banyak ruas jalan yang macet.

Mungkin sebagian besar orang akan membayangkan hal-hal yang menyeramkan saat mendengar kata ‘makam.’ Namun, tidak ada hal yang menyeramkan di Makam Raja Imogiri. Tapi yang jelas, jika Anda ingin berkunjung ke obyek wisata ini, Anda harus dalam kondisi yang fit. Disana, Anda harus naik ke bukit yang memiliki sekitar 409 anak tangga. Walaupun melelahkan, berjalan keatas bukit dengan menaiki anak tangga yang lebarnya sekitar 4 meter di kompleks pemakaman ini cukup mengasyikkan. Dan tentunya, udara yang segar disana baik untuk kesehatan. Bahkan, ada satu hal yang cukup menarik dari anak tangga di kompleks pemakaman ini. Ada mitos yang mengatakan bahwa jika Anda berhasil menghitung jumlah anak tangga dengan benar, maka semua keinginan Anda akan terkabul.

Baca Juga:  Candi Barong - Warisan Unik Dari Masa Lalu

Ada banyak hal menarik yang dapat Anda lihat di Makam Raja Imogiri. Tapi, ada satu hal yang harus Anda ingat. Makam raja-raja ini dikeramatkan. Para peziarah harus mentaati beberapa persyaratan khusus, seperti tidak boleh mengenakan perhiasan, tidak boleh mengenakan alas kaki, dan harus berpakaian khas jawa. Disana, Anda juga tidak boleh memotong rumput, mengambil kayu, dan melakukan hal-hal yang tidak sopan. Tidak ada tiket khusus untuk masuk ke kompleks pemakaman ini. Anda hanya perlu mengisi buku tamu, dan memberikan sumbangan seikhlasnya.

(Images : mekarjayabocary.blogspot.com | inijanu.blogspot.com)

Lokasi Makam Raja Imogiri

Untuk menuju ke Makam Raja Imogiri, Anda dapat menuju ke arah selatan, menyusuri Jl Parangtritis. Setelah Anda sampai di perempatan yang memotong ring road, Anda harus berbelok ke kiri. Setelah melewati dua lampu lalu lintas, Anda harus berbelok ke kanan, masuk ke Jl Imogiri Timur dari perempatan yang letaknya di dekat terminal Giwangan. Setelah itu, Anda terus saja dan belok ke kiri saat sampai di pasar Imogiri baru.

Peta Makam Raja Imogiri