Kopi Joss Lek Man

Mungkin Anda sudah mendengar bahwa di Yogyakarta, ada berbagai menu unik yang dapat Anda nikmati. Jika Anda adalah seseorang yang gemar minum kopi, Anda harus mengunjungi Kopi Joss Lek Man. Warung kopi ini sangat mudah untuk ditemukan karena terletak di tengah kota Yogyakarta. Warung kopi ini terletak di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Tapi, Anda jangan berharap untuk menemukan warung kopi dengan bentuk benar-benar sebuah warung. Warung Kopi Joss Lek Man hanyalah berupa warung kopi kecil dengan menggunakan tenda, yang di Yogyakarta dikenal dengan sebutan “angkringan,” yang melayani pembeli di trotoar di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Tapi jangan salah, orang-orang yang nongkrong di warung kopi ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari tukang becak, mahasiswa, wartawan, sampai dengan budayawan. Bahkan, di waktu-waktu tertentu, khususnya tengah malam, terkadang ada beberapa penjaja cinta yang datang kesana untuk sekedar berbincang santai bersama teman-teman mereka.

Saat mendengar nama Kopi Joss, biasanya orang bertanya-tanya, kenapa kopi yang dijual di warung kopi sederhana ini mendapat sebutan itu. Kopi yang disajikan di warung Kopi Joss Lek Man berbeda dengan kopi yang biasanya Anda temukan di warung-warung angkringan biasa. Kopi yang disajikan di warung angkringan ini sangat unik, karena didalam gelas kopi ini dicelupkan arang yang masih panas membara. Hasilnya? Anda akan mendapatkan segelas kopi yang panasnya awet, dan rasanya sangat mantap. Tapi apakah kopi ini aman untuk dikonsumsi? Anda tidak perlu khawatir karena menurut penelitian mahasiwa Universitas Gadjah Mada, Kopi Joss Lek Man aman untuk dikonsumsi. Bahkan, kadar kafein Kopi Joss telah dinetralisir oleh arang. Jadi, kopi ini lebih aman untuk diminum daripada kopi biasa.

Baca Juga:  Menikmati Lezatnya Mangut Lele Bu Is Jetis Bantul

Jika Anda tidak terlalu gemar minum kopi, Anda tetap bisa bersantai di warung Kopi Joss Lek Man karena warung angkringan ini juga menyediakan berbagai menu lainnya. Untuk minuman, tersedia banyak minuman yang lebih “modern,” seperti berbagai macam minuman yang dikemas dalam kemasan sachet yang rasanya sangat beragam. Sedangkan untuk makanan, tersedia mulai dari yang ringan seperti gorengan dan jadah, sampai dengan makanan yang lebih mengenyangkan seperti sego kucing, yang merupakan nasi bungkus dengan lauk oseng tempe dan sambal teri. Walaupun sederhana, sego kucing yang disajikan di warung ini rasanya cukup enak. Dan tentunya, harganya pun sangat murah. Sebungkus sego kucing dijual dengan harga Rp. 1000,- saja. Jika Anda tidak suka makan makanan yang dingin, Anda dapat meminta kepada penjual untuk menghangatkannya. Anda dapat meminta kepada penjual untuk membakar mendoan, tempe bacem, kepala ayam, jadah, atau tahu susur. Lauk pauk ini menjadi lebih lezat setelah dibakar.

Karena warung Kopi Joss Lek Man sangat terkenal, warung ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Trotoar yang diberi tikar untuk tempat duduk para pembeli panjangnya hampir 100 meter. Jadi, bisa Anda bayangkan berapa banyak orang yang nongkrong disana setiap harinya.

(Images : www.rileks.com | waungonline.blogspot.com)