Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Di daerah Gunung Kidul, ada cukup banyak obyek wisata yang bisa Anda kunjungi. Salah satu diantaranya adalah air terjun Sri Gethuk. Obyek wisata ini terletak di desa wisata Bleberan, kecamatan Playen, Gunung Kidul. Jarak tempat ini dari kota Yogyakarta sekitar 40 km. Air terjun Sri Gethuk adalah obyek wisata yang masih relatif baru. Jadi, tidak banyak angkutan umum yang menuju kesana. Untuk mengunjungi air terjun Sri Gethuk, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja.

Selama perjalanan menuju lokasi air terjun Sri Gethuk, Anda akan melewati hutan kayu putih milik PERHUTANI. Kondisi jalan yang harus Anda lewati beragam, ada yang beraspal bagus, dan ada yang tidak. Untuk menuju ke air terjun Sri Gethuk, ada dua pilihan jalan. Anda dapat menyusuri jalan setapak sembari menikmati pemandangan sawah yang hijau dan subur, atau naik gethek (rakit yang sederhana) melawan arus sungai Oya. Anda tidak perlu khawatir jika Anda memilih untuk melawan arus sungai ini karena gethek yang terbuat dari drum bekas dan papan ini aman untuk dinaiki. Untuk naik gethek ini, Anda harus membayar ongkos sebesar Rp. 5.000,- saja untuk pulang pergi. Sedangkan jika Anda memilih untuk berjalan kaki sembari menikmati pemandangan alam yang indah, Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Yang perlu Anda bayarkan hanyalah tiket masuk sebesar Rp. 3000,- per orang, yang sudah merupakan tiket terusan dengan Gua Rancang Kencono.

lokasi air terjun sri gethuk

Air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul adalah tempat yang sempurna untuk menikmati liburan bersama teman-teman atau keluarga Anda. Disana, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah, dan menyaksikan air terjun yang jernih, diiringi dengan gemuruh suara air. Dibawah air terjun, terdapat bebatuan yang indah, yang membentuk undak-undakan, sehingga mirip dengan bagian tepi kolam renang. Andapun dapat bermain-main disana sembari menikmati segarnya air yang memercik di tubuh Anda. Anda dapat membawa bekal makanan dari rumah. Tapi, apabila Anda tidak membawa bekal, Anda tidak perlu khawatir karena disana ada beberapa penjual makanan dengan berbagai menu yang cukup menarik. Harga makanan disana tidak mahal. Satu porsi makanan harganya rata-rata masih dibawah Rp. 10.000,-.

Baca Juga:  Menikmati Wisata Gunung di Gunung Purba Nglanggeran

Wisata air terjun Sri Gethuk adalah obyek wisata yang sepenuhnya dikelola oleh warga desa Bleberan. Di musim liburan, obyek wisata ini biasanya cukup ramai. Sebaiknya Anda ekstra hati-hati saat berada di sekitar air terjun, karena banyak tempat-tempat yang licin yang bisa membuat Anda terpeleset. Apabila Anda datang kesana bersama anak-anak Anda yang masih kecil, pastikan Anda selalu menggandeng mereka. Selamat berlibur!

wisata air terjun sri gethuk
(Images : wisoto.com | alannobita.blogspot.com | warta1000.blogspot.com)

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi obyek wisata ini cukup mudah untuk ditemukan. Anda tinggal mengambil arah menuju ke Wonosari, dan memilih jurusan pasar Playen. Kemudian, setelah Anda melewati pasar Playen sejauh sekitar 3km, Anda akan menemukan persimpangan traffic light. Ambil arah belok kanan, dan setelah sekitar 10 km, Anda akan sampai di lokasi Gua Rancang Kencono, dan kemudian lokasi air terjun Sri Gethuk.

Peta Air Terjun Sri Gethuk

Tags Populer:

wisata sri gethuk,gunung kidul,wisata sri getuk,tempat wisata sri gethuk,wisata gunung kidul sri gethuk,wisata gunung kidul