wedang uwuh

Saat Anda berkunjung ke Yogyakarta, pastikan bahwa Anda telah mencoba berbagai makanan dan minuman unik yang ada disana. Salah satu minuman paling unik dari Yogyakarta adalah wedang uwuh. Kata “wedang” berarti minuman panas. Sedangkan kata “uwuh” dalam bahasa Jawa berarti sampah. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Wedang uwuh bukanlah minuman panas yang terbuat dari sampah secara harfiah. Minuman ini terbuat dari berbagai macam dedaunan dan serpihan kayu, yang memang sekilas mirip dengan sampah. Wedang uwuh berasal dari bagian selatan kota Yogyakarta, daerah Imogiri yang masuk dalam wilayah kabupaten Bantul. Tapi, karena minuman ini telah menjadi cukup terkenal, sekarang minuman ini sudah diproduksi di berbagai tempat.

Mungkin Anda penasaran dengan rasa dari wedang uwuh. Walaupun bahan-bahan yang dipakai untuk membuat wedang uwuh terlihat aneh, rasa minuman ini tidak terlalu aneh, dan cukup sedap untuk dinikmati. Beberapa rasa yang ada pada wedang uwuh antara lain adalah rasa manis yang berasal dari gula, rasa pedas yang berasal dari rempah-rempah seperti jahe, dan aroma harum yang berasal dari cengkeh serta daun kulit manis. Karena sekarang sudah banyak yang memproduksi wedang uwuh, bahan-bahan yang digunakan pun beragam. Biasanya, selain bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas, wedang uwuh juga menggunakan bahan-bahan lain seperti kayu manis, kayu secang, daun cengkeh, daun pala, irisan buah pala, daun serai, akar serai, dan kapulaga. Untuk pemanisnya, biasanya digunakan gula jawa atau gula batu.

Berbagai macam bahan yang terdiri dari dedaunan, akar, dan kayu dicampur menjadi satu bukan tanpa tujuan. Masing-masing bahan mengandung khasiat tertentu. Dan tentunya, dengan digabungkan menjadi satu dalam wedang uwuh, khasiat bahan-bahan tersebut menjadi lebih ampuh. Selain karena keunikannya, khasiat dari wedang uwuh juga menjadi alasan kenapa minuman ini menjadi sangat populer. Menurut mereka yang sudah sering minum wedang uwuh, khasiat minuman ini tidak main-main. Mereka merasakan bahwa minuman ini membantu mereka untuk sembuh dari berbagai macam keluhan seperti masuk angin, batuk, kembung, dan capek. Jadi, ternyata “uwuh” yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah “uwuh” yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga:  Menikmati Hangatnya Kopi Joss Lek Man

Khasiat wedang uwuh bukan sekedar isapan jempol belaka. Contohnya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, secang yang merupakan salah satu bahan yang ada didalam wedang uwuh, mempunyai khasiat seperti memperlancar peredaran darah, antioksidan, dan melegakan pernapasan. Sekarang, untuk dapat menikmati wedang uwuh, Anda tidak perlu jauh-jauh ke daerah Imogiri, Bantul. Karena minuman ini mendapatkan respon yang positif dari pasar, sekarang minuman ini sudah tersedia dalam bentuk siap seduh. Anda dapat membeli wedang uwuh siap seduh di toko-toko yang menjual oleh-oleh baik di Yogyakarta ataupun di sekitarnya. Bahkan, ada beberapa website yang menjual minuman ini, sehingga Anda dapat memesannya secara online.

(Images : jalanjogja.com)

Tags Populer:

jual wedang uwuh,wedang uwuh terbuat dari,kata kata untuk minum wedang wuh,terbuat dari apa wedang uwuh