gunung api purba nglanggeran

Tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta tidak hanya di kota Yogyakarta itu sendiri. Di daerah sekitar kota Yogyakarta, seperti daerah Gunung Kidul dan Bantul, ada banyak tempat-tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda ingin menikmati wisata alam, Anda harus mengunjungi Gunung Purba Nglanggeran. Obyek wisata ini terletak di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Jarak obyek wisata ini dari kota Wonosari sekitar 22 kilometer. Menurut penelitian, Gunung Nglanggeran adalah gunung api yang pernah aktif sekitar 70 juta tahun yang lalu. Obyek wisata ini terletak pada ketinggian 200-700 mdpl, dan bentang alamnya memiliki keindahan yang unik. Menurut para ahli, gunung api purba ini juga sangat unik secara geologi, dan bernilai ilmiah tinggi.

Gunung Purba Nglanggeran sangat cocok bagi para wisatawan yang gemar mendaki gunung. Tapi, para wisatawan yang datang kesana tidak harus memiliki banyak pengalaman dalam mendaki gunung karena untuk mendaki gunung ini hanya diperlukan waktu sekitar 1,5 jam saja. Bagi para wisatawan yang tidak tertarik untuk melakukan pendakian, tersedia berbagai aktivitas lain yang tidak kalah menarik. Di Gunung Purba Nglanggeran, mereka dapat melakukan berbagai wisata petualangan lain, seperti menyusuri gua, panjat tebing, dan sebagainya. Di obyek wisata ini juga tersedia lokasi-lokasi yang cocok untuk kegiatan edukasi lingkungan, seni, dan budaya. Bahkan, pengelola obyek wisata ini menyediakan paket live in untuk para pelajar.

Tentunya hal yang paling menarik dari Gunung Purba Nglanggeran adalah jelajah gunungnya. Dari puncak barat Gunung Nglanggeran, para wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, dengan hamparan awan di ketinggian. Dari sana terlihat pula perkampungan warga, sawah, dan ladang. Jika para wisatawan datang di waktu senja, mereka dapat melihat indahnya kota Yogyakarta yang terlihat penuh dengan gemerlap lampu, sembari menikmati indahnya taburan bintang di langit. Mereka yang ingin menikmati keindahan pemandangan tersebut sampai pagi dapat berkemah disana. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan sunrise, puncak timur Gunung Nglanggeran adalah tempat yang paling tepat. Hanya saja, di saat-saat tertentu, terkadang ada awan pekat yang dapat menutupi pemandangan indah tersebut.

Baca Juga:  Tirta Budi, Blue Lagoonnya Yogyakarta

Gunung Purba Nglanggeran  dikelola oleh Karang Taruna Desa Nglanggeran. Untuk memasuki obyek wisata Gunung Purba Nglanggeran, para wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Harga tiket pada siang hari Rp. 3.000,- dan pada malam hari Rp. 5.000,-. Para wisatawan juga dapat mengambil satu dari beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola obyek wisata ini. Beberapa paket yang tersedia antara lain adalah Paket Tracking, Paket 4 jam di Dewa Pesona Purba, Paket Outbond 1, Paket Outbond 2, Paket Puncak Timur, dan Paket Sunset & Sunrise. Harga paket beragam, mulai dari Rp. 25.000,- per orang untuk minimal 3 orang.

(Images : breckaholic.wordpress.com | janunurse.blogspot.com | liocooper.com | blangkonmuda.blogspot.com | devi-jec.blogspot.com)

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Dari arah Yogyakarta langsung menuju Jalan Wonosari lanjut ke Bukit Bintang, terus hingga bertemu Perempatan belok kiri. Ikuti jalan dan petunjuk yang ada hingga tiba di Stasiun Relay milik beberapa TV Swasta. Lanjut ke Desa Ngoro-ngoro hingga bertemu Puskesmas Pathuk II Belok kanan. Tibalah anda di Desa Nglanggeran. Gunung Nglanggeran sendiri sebenarnya sudah mulai kelihatan saat anda melewati Stasiun Relay. Sehingga jangan khawatir kalau kemungkinan tersesat, lihat saja gunungnya sebagai petunjuk ke lokasi.

Peta Gunung Api Purba Nglanggeran

Tags Populer:

gunung nglanggeran gunung kidul,gunung purba jogja