Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan saat sedang berlibur di Yogyakarta. Jika Anda ingin menikmati makanan yang lezat, Anda dapat ke daerah Bantul untuk berwisata kuliner. Di Bantul, ada banyak tempat untuk menikmati sajian yang unik dan lezat. Berikut adalah beberapa tempat yang tidak boleh Anda lewatkan saat Anda sedang berwisata di daerah Bantul:

MieDes Pundong Bantul

MieDes Pundong Bantul

Ini adalah mie khas Pundong, Bantul, yang juga dikenal sebagai mi Bangkok. Mie ini cukup unik, dan berbeda dengan mia ayam, bakmi jawa, ataupun mie-mie lainnya yang dapat Anda temukan di sekitar Yogyakarta. Bahan utama MieDes adalah tepung singkong/tapioka. Selain bahan dasarnya, bentuk mie ini juga berbeda dengan mie-mie biasa. Mie ini tidak bulat ataupun gepeng, melainkan cenderung kotak karena dipotong dari adonan yang pada awalnya berbentuk balok. Tekstur MieDes juga berbeda. Mie ini terasa sangat kenyal, bahkan lebih kenyal daripada kwetiau. MieDes dapat disajikan sebagai mie goreng atau mie godhog (rebus). Sesuai dengan namanya, MieDes disajikan dengan bumbu yang pedas. Tapi jika Anda tidak terlalu suka dengan masakan pedas, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat meminta penjualnya untuk memasak dengan tingkat kepedasan sesuai dengan selera Anda.

Ada beberapa penjual MieDes yang terkenal, seperti MieDes Patalan, dan MieDes Bomber. MieDes Patalan terletak di Jl Parangtritis km 14, persis sebelum klinik Patalan. Sedangkan MieDes Bomber terletak di jalan yang menuju kearah kota kecamatan Pundong. Walaupun cukup jauh, penjual MieDes yang satu ini cukup mudah untuk ditemukan karena ada baliho bertuliskan MIEDES Pak Bomber disana. Harga MieDes relatif murah, sekitar Rp. 5.000,- saja per porsi.

Baca Juga:  Lezatnya Sate dan Tongseng Jaran di Yogyakarta

Sambal Belut dan Belut Goreng Pak Sabar

belut goreng pak sabar

Jika Anda ingin menikmat menu yang unik dan lezat, Anda harus mencoba sambal belut dan belut goreng pak Sabar. Warung ini terletak di Jl Imogiri Barat, Bantul. Warung sambal belut dan belut goreng Pak Sabar ini sangat terkenal. Setiap harinya, warung ini menghabiskan setidaknya 25kg ikan tawar. Bahkan, waktu musim liburan, warung ini bisa menghabiskan sampai dengan 40kg ikan dalam sehari. Jadi, bisa Anda bayangkan betapa lezatnya menu-menu yang disediakan oleh warung ini, sehingga para pengunjung berbondong-bondong datang untuk menikmatinya. Warung pak Sabar tidak hanya menjual menu belut saja. Warung ini juga menjual menu ikan gabus dan ikan lele. Tapi tentunya, menu belutnya yang terkenal harus Anda coba. Daging belut yang gurih dapat Anda nikmati dalam keadaan matang ataupun setengah matang. Untuk sambalnya, Anda bisa menentukan sendiri tingkat kepedasan yang Anda inginkan. Selain itu, ada banyak jenis sambal yang bisa Anda pesan, mulai dari sambal bawang, sampai dengan sambal terasi. Anda tidak perlu khawatir dengan tulang dan duri ikan belut. Di warung pak Sabar, semua tulang dan duri ikan belut sudah dihilangkan.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati gurihnya daging belut di warung pak Sabar. Harga seporsi sambal belut goreng hanya sekitar Rp. 7.000,- saja, dan harga menu-menu lain juga cukup murah.

(Images : blogwisata.com | potensiwisata.bantulkab.go.id)

Tags Populer:

wisata kuliner bantul,kuliner di bantul,kuliner bantul,tempat makan di bantul,tempat makan romantis di bantul,tempat makan murah di bantul,makanan enak di pundong,tempat makan di daerah bantul,kuliner di bantul jogja,tempat makan enak dan murah di bantul