Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Mengunjungi sebuah museum adalah cara yang baik untuk mengisi liburan. Saat kita mengunjungi sebuah museum, kita dapat bersantai sambil mempelajari banyak hal, yang biasanya berhubungan dengan sejarah. Di Yogyakarta, salah satu museum yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan saat liburan adalah Museum Benteng Vredeburg. Sesuai dengan namanya, museum ini sebenarnya adalah sebuah benteng.

Benteng Vredeburg yang sekarang berubah menjadi sebuah museum ini dulunya didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1765. Seperti benteng-benteng lain pada umumnya, dulu benteng ini didirikan untuk menahan serangan musuh, yang pada waktu itu adalah pasukan dari Kraton Yogyakarta. Benteng yang luasnya sekitar 2100 meter ini berbentuk segi empat, dengan empat menara pengawas. Menurut sejarah, benteng ini dulunya bernama Benteng Rustenburg. Tapi, nama ini kemudian diganti menjadi Benteng Vredeburg yang berarti Benteng Perdamaian, dengan izin dari Sultan Hamengku Buwono I. Benteng ini sudah dipugar, tapi dengan tetap menjaga bentuk aslinya. Sedangkan bangunan-bangunan di bagian dalam bentuk aslinya sudah sedikit diubah, untuk mendukung fungsi barunya sebagai museum.

Para pengunjung yang masuk ke Museum Benteng Vredeburg dapat melihat-lihat banyak diorama yang melukiskan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan, sampai dengan masa pemerintahan orde baru. Selain itu, di museum ini tersimpan juga banyak benda-benda bersejarah, lukisan, dan foto-foto tentang perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan juga sesudah menjadi bangsa yang merdeka. Selain memamerkan koleksi yang bersejarah, museum ini memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang banyak, ruang pertunjukan, ruang pertemuan, dan ruang tamu. Untuk menambah kenyamanan para pengunjung, tersedia juga kamar mandi, mushola, dan akses internet via hotspot gratis.

Museum Benteng Vredeburg sering dijadikan tempat untuk mengadakan pameran, pertunjukan, atau festival. Selain itu, kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, diskusi, dialog, dan pertemuan juga sering diadakan disana.

Baca Juga:  Museum Sandi, Pertama dan Satu - satunya di Indonesia

Alamat: Jalan Ahmad Yani No.6
Telepon:(0274) 586934

Lokasi & Harga Tiket Masuk Benteng Vredeburg

Sebagai obyek wisata, benteng ini letaknya sangat strategis karena berada di kawasan Jalan Malioboro, yang merupakan kawasan wisata paling terkenal di Yogyakarta. Jadi, selain berbelanja dan menikmati lezatnya makanan di warung lesehan Malioboro, para wisatawan juga dapat mengunjungi benteng ini untuk melihat-lihat hal-hal yang menarik dan bersejarah. Tiket masuk ke benteng ini hanya Rp 2.000 saja. Museum ini buka setiap hari Selasa sampai dengan hari Sabtu mulai dari pagi hingga sore hari. Pada hari Senin dan hari-hari libur nasional museum ini tutup.

Peta Museum Benteng Vredeburg:

Tags Populer:

benteng vredeburg,diorama benteng vredeburg,benteng vanderburg lokasi,benteng vradeburg,diaroma di benteng vrederburg