Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan Museum Pendidikan Indonesia. Destinasi wisata edukatif sekaligus ikon Kota Pelajar ini terletak di sebelah utara Gedung Rektorat UNY. Museum ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 8 Juli 2008. Bagi putra-putri atau siswa sekolah, inilah lokasi yang tepat untuk menyampaikan bahwa kejayaan bangsa ini adalah hasil harmonisasi antara tujuan perjuangan dan semangat menuntut ilmu.

Source by: jogjadaily
Source by: jogjadaily

Museum Pendidikan Indonesia merupakan museum pendidikan pertama di Indonesia dan merupakan museum pertama yang menyimpan dan mengoleksi barang-barang yang berhubungan dengan sejarah pendidikan di Indonesia. Penggagas berdirinya Museum Pendidikan Indonesia adalah Rektor UNY kala itu, Prof. Dr. Sugeng Mardiono Phd. MPI didirikan karena memang pada saat itu belum ada museum pendidikan. Selain itu juga supaya orang dapat dengan mudah belajar tentang pendidikan sekaligus sejarahnya. Setelah Museum Pendidikan Indonesia UNY didirikan, museum-museum pendidikan lainnya berdiri. Misalnya museum pendidikan Malang yang membahas sejarah kota Malang dan pendidikan yang berada di sana.

Source by: uny
Source by: uny

Museum Pendidikan Indonesia UNY merupakan salah satu museum yang besar ruangannya. Kepala Museum Pendidikan Indonesia UNY saat ini adalah Bapak Sardiman AM., M.Pd. Selain itu ada staf pengelola dari UNY dan juga edukator. Koleksi Museum Pendidikan Indonesia UNY didapat dari hibah, pembelian, dan penitipan. Karena Museum Pendidikan Indonesia UNY adalah museum pendidikan pertama di Indonesia, sehingga menarik banyak perhatian orang untuk menghibahkan berbagai koleksi yang berhubungan dengan pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian, bukanlah koleksi yang sembarangan. Museum Pendidikan Indonesia UNY hanya membeli koleksi dari orang yang mempunyai cerita tentang koleksi tersebut dan berhubungan dengan sejarah pendidikan. Koleksi yang berasal dari pembelian misalnya kertas merang yang terbuat dari bubur merang (kertasnya lebih kaku). Koleksi yang berasal dari penitipan juga mempunyai syarat tertentu yaitu antik dan boleh dipamerkan (dilihat orang). Koleksi yang berasal dari penitipan misalnya naskah tentang sejarah Indonesia. Selain itu, Museum Pendidikan Indonesia UNY juga banyak mendapatkan koleksi dari museum Dewantara Kirti Griya dan arsip kurikulum dari kementrian.

Baca Juga:  Misteri Garis Imajiner Jogja
Source by: infojogja
Source by: infojogja

Museum Pendidikan Indonesia UNY mengelola berbagai macam koleksi, mulai dari buku sekolah, arsip kependidikan, media pembelajaran, dan masih banyak lagi. Saat ini, Museum Pendidikan Indonesia UNY telah memiliki 5 ruang utama, yaitu Ruag Gallery 1 untuk koleksi foto dan peralatan sekolah, Ruang Gallery 2 untuk para tokoh pendidikan, Ruang Gallery 3 untuk koleksi media pembelajaran, Ruang Apresiasi Karya, dan Ruang Cinema Museum Pendidikan Indonesia. Ruang Cinema ini memiliki kapasitas 116 tempat duduk dengan kualitas sound dolby surround. Selain itu, Museum Pendidikan Indonesia masih mengembangkan beberapa ruang lain untuk koleksi dan melengkapi fasilitas bagi pengunjung.

Akses menuju Museum Pendidikan Indonesia UNY sangat mudah dijangkau karena musem ini berada Kampus Pusat Universitas Negeri Yogyakarta, Jln. Colombo No 1, Karangmalang, Depok, Sleman, Yogyakarta. Bagi wisatawan dari luar kota atau arah Solo, Bandara Adisucipto, maupun Terminal Giwangan dapat menggunakan bus umum jalur 7 dan bus Transjogja jalur 1B. Dari Terminal Jombor dapat menggunakan angkutan kota jalur D6, Transjogja jalur 2A dan 2B, serta angkutan kota yang melewati Jln. Gejayan maupun Jln. Colombo.

Source by: yogyakarta.panduanwisata
Source by: yogyakarta.panduanwisata

Fasilitas Museum Pendidikan Indonesia UNY antara lain jasa pemandu, leaflet, komputer, toilet, serta ruang pertunjukan atau gedung cinema berkapasitas 116 kursi. Fasilitas yang ada sekitar museum meliputi tempat parkir, arena bermain, /food court,/ perpustakaan pusat UNY, Gedung Olahraga, stadion atletik, kolam renang, auditorium, hotel UNY, pendopo dan gedung pertunjukan Tedjokusumo, bank, serta kantor pos.

Jadwal buka layanan Museum Pendidikan Indonesia UNY: Senin-Kamis, pukul 07.30-15.00 WIB. Jumat pukul 07.30-13.30 WIB. Hari Sabtu dan Minggu libur, kecuali wisatawan rombongan telah konfirmasi kedatangan sebelumnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda yang ingin mengunjungi Museum Pendidikan Indonesia UNY silahkan menghubungi terlebih dahulu jika ingin mengadakan kunjungan ke museum. Tiket masuk Rp. 2.500/orang (sudah termasuk guide dan nonton film di Cinema untuk rombongan).

Baca Juga:  5 Oleh - oleh Khas Jogja yang Sedang Hangat

 

 

 

Tags Populer:

latar belakang berdirinya museum pendidikan pertama di yogya,musium yg ada di jogja yg untuk pendidikan,wisata yang dekat dari uny