Sumber Gbr: jogjalan
Sumber Gbr: jogjalan

Mungkin belum banyak nama dari pantai yang satu ini, bahkan banyak yang belum tau lokasinya. Nah disini kami akan bantu ulas pantai yang lokasinya dekat dengan Pantai Kuwaru dan Pandansimo ini. Secara administratif letak Pantai Baru berada di Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun pantai ini bernama Baru namun bukan tempat yang baru untuk wisatawan. Hanya saja belakangan mulai ramai keberadaannya di karenakan beberapa area yang menjadi spot foto terlihat sangat indah. Seperti yang belakangan beredar di media sosial dengan pemandangan rimbun pohon cemara, serta barisan kincir angin yang berfungsi sebagai salah satu alat Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) yang memang menjadi program Kemenristek sejak tahun 2010.

Sumber Gbr: pantaibaru
Sumber Gbr: pantaibaru

Pohon cemara yang menjadi tempat favorit singgahnya wisatawan di pantai ini memang membuat lokasi di sekitar pantai terasa lebih sejuk, tidak jarang banyak pengunjung tidak hanya menggelar tikar namun juga berkemah menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan di Pantai ini. keunikan lainnya adalah sebagai background foto favorit, sehingga memberikan efek dramatis layaknya sedang berada di tengah hutan. Untuk fasilitas bermain lainnya terdapat juga persewaan ATV dan kolam renang mini yang tampaknya menjadi ciri khas dari pesisir Pantai di Daerah Bantul. Yang menarik adalah rute yang di gunakan untuk bermain ATV layaknya sirkuit, serta pepohonan yang dapat di jadikan alang rintang sungguh mengasikan.

Sumber Gbr: Jogjalan
Sumber Gbr: Jogjalan

Jika anda lapar maka tidak perlu kuatir karena di Pantai Baru banyak terdapat warung makan yang menjual segala bentuk hidangan seafood yang di jamin segar karena langsung di ambil dari nelayan di Pantai ini. Jika anda ingin membelinya langsung dengan nelayannya pun bisa cukup menunggu para nelayan mendaratkan perahunya maka pelelangan ikan pun segera bisa di mulai. Bibir pantai Baru terbilang cukup luas sehingga memungkinkan untuk menampung banyak wisatawan. Namun perlu di ingat bahwasannya di pantai ini tidak terdapat tebing / teluk di sekelilingnya, sehingga ombak pantai selatan yang terkenal ganas langsung masuk ke bibir pantai tanpa penghalang. Tetap waspada dan berhati – hati terutama bagi pengunjung yang tidak bisa berenang maupun membawa anak – anak, sangat penting adanya pengawasan langsung.

Baca Juga:  Pantai Indrayanti Gunung Kidul – Pantai yang Indah dan Bersih
Sumber Gbr: alannobita
Sumber Gbr: alannobita

Selain kincir angin yang digunakan sebagai PLTH di lokasi ini juga terdapat  Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Biogas yang dihasilkan dari kotoran sapi para peternak di area sekitar. Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid sendiri merupakan uji coba dalam pengembangan tenaga listrik alternatif dengan memanfaatkan sumber dari alam berupa panas dan angin. Untuk sementara PLTH di lokasi ini digunakan oleh penduduk sekitar sebagai penggerak perekonomian warga sehari – hari.

Sumber Gbr: wisataedukatif
Sumber Gbr: wisataedukatif

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Baru

Jarak Pantai Baru dengan kota Jogja sekitar 30 KM atau dapat di tempauh dalam waktu 1 jam. Jalan yang harus di tempuh pun cukup mudah, langsung saja menuju jalan Bantul. Dari situ terus saja ikuti jalan utama ke arah selatan hingga tiba di pertigaan Cepit Tembi belok kanan. Dari situ terus saja hingga mentok pertigaan lalu belok kiri. Terus arahkan kendaraan ke Selatan tepatnya ke arah samas, hingga bertemu pertigaan dan petunjuk arah ke Pantai Pandansimo belok kanan (Jalan Lintas Selatan). Letak Pantai Baru tepat setelah Pantai Kuwaru dan sebelum pantai Pandansimo. Untuk harga tiket masuk ke pantai ini  hanya sebesar Rp 5.000.

Peta Pantai Baru