pantai glagah

Jogjakarta saat ini memang tengah naik daun. Pasalnya, banyak sekali tempat-tempat wisata yang sedang gencar-gencarnya dipromosikan oleh pemerintah daerah setempat. Salah satunya adalah wisata Pantai Glagah yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo. Nampaknya masyarakat kita mulai sadar bahwa ternyata banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau namun belum diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta. Mungkin karena kurangnya promosi akan tempat wisata tersebut, atau karena minimnya informasi yang didapatkan oleh calon wisatawan.

Jika dahulu Anda yang pernah berkunjung ke Pantai Glagah masih menikmati suasana pantai yang sepi-sepi saja, saat ini bila Anda datang berkunjung, maka sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan oleh panorama alam yang sangat indah sekaligus ramai oleh pengunjung. Memang sih, setiap pantai selalu menawarkan pemandangan air laut dan luasnya hamparan pasir. Tapi, yang membuat Pantai Glagah kelihatan megah adalah lagunanya. Itu lho, air laut yang terjebak dalam gugusan karang atau sejenisnya di bibir pantai. Ada sejenis ‘jalan’ panjang yang sengaja dibangun menuju laguna tersebut, sementara di sebelah kanan dan kirinya dibangun batu-batu berbentuk unik untuk menopangnya. Jadi, ketika Anda berjalan menuju laguna tersebut dan tiba-tiba ada ombak datang, langsung deh air laut menghantam ujung ‘jalan’ tersebut dan Anda seolah-olah berada di air mancur raksasa. Lalu Anda bisa berlari menjauh jika tidak mau basah-basahan. Atau bergaya ‘sok-sok’ kaget ketika air mancur itu datang. Sungguh pengalaman yang seru tuh.

sunset pantai glagah

Bukan cuma itu saja yang menambah asyiknya berwisata di Pantai Glagah ini. Bagi Anda pecinta sepeda, Anda juga bisa lho bersepeda santai ala Pantai Glagah. Di pasir pantai yang lembut ini, tidak usah khawatir kaki lecet-lecet ketika terjatuh, karena pasirnya sangat lembut dan bersih. Selain itu, jarang ada bebatuan besar yang membahayakan. Nilai plusnya, untuk menuju pantai ini Anda akan dibuat nyaman karena jalannya mudah dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi baik mobil atau motor dari kota Jogjakarta. Jarak pantai ini dari pusat kota Jogjakarta sekitar 40 kilometer.

Baca Juga:  Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

(Images : pasirpantai.com dan kampoengwestprog.com)

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Glagah

Patokan arah menuju pantai Glagah sangat mudah, jika dari arah kota Jogja, langsung menuju Ring road Jl. Wate atau Wirobrajan ke Barat, sesampainya di ring road jalan Wates terus saja ikuti jalan utama arah wates purworejo sejau 23 KM dengan jarak tempuh atau sekitar 45 menit. Dan bertemu pertigaan jl. Pantai Glagah, belok ke kiri (selatan) dari situ akan banyak petunjuk jalan menuju pantai Glagah. Untuk biaya retribusi di Pantai ini hanya dikenakan Rp 5.000 saja.

Peta Pantai