Pantai Indrayanti Gunung Kidul – Pantai yang Indah dan Bersih

pantai indrayanti

Ada banyak sekali tempat menarik di sekitar Yogyakarta yang dapat Anda kunjungi saat berlibur. Salah satunya adalah pantai Indrayanti. Pantai ini terletak di Tepus, yang masuk dalam wilayah kabupaten Gunung Kidul. Sebenarnya, nama pantai ini bukanlah pantai Indrayanti. Pemerintah memberi nama pantai yang indah ini pantai Pulang Syawal. Hanya saja, pantai ini lebih dikenal sebagai pantai Indrayanti, karena ada sebuah cafe dan restoran disitu, yang di papan namanya tertulis Indrayanti. Dan Indrayanti itu sendiri sebenarnya merupakan nama pemilik cafe dan restoran itu. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di daerah itu, Pantai Indrayanti sangatlah spesial. Pantai ini bersih, dan bebas dari sampah. Para pengunjung harus mentaati peraturan yang ada. Jika mereka membuang sampah sembarangan, mereka akan terkena denda sebesar Rp. 10.000,-.

Bersihnya pantai Indrayanti tentunya bukanlah satu-satunya keistimewaan pantai ini. Selain bersih, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah. Para pengunjung dapat menikmati pesona hamparan pasir putih, dan air laut yang sangat jernih. Pantai ini cocok untuk dikunjungi baik saat pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Pada pagi, siang, dan sore, para pengunjung dapat bermain-main di hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Mereka juga dapat menikmati segarnya kelapa muda, yang merupakan sajian khas wisata pantai. Sedangkan pada malam hari, para pengunjung dapat menikmati senja yang indah, kemudian dilanjutkan dengan makan malam yang romantis di restoran yang ada disana. Tentunya, karena restoran ini terletak di pinggir pantai, restoran ini menyediakan berbagai hidangan laut yang lezat.

pemandangan pantai indrayanti

Selain untuk bersantai, pantai Indrayanti juga cocok untuk orang-orang yang gemar berpetualang. Di sebelah timur, terdapat sebuah bukit yang dapat mereka kunjungi dengan cara memanjat karang serta menerobos semak-semak karena memang disana tidak ada jalan. Ini cukup mengasyikkan. Hanya saja, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati. Dari atas bukit, terlihat pemandangan yang sangat indah. Dari sana, para pengunjung dapat menikmati indahnya Samudera Hindia, dengan diiringi suara deburan ombak dan ditemani semilir angin. Bukit ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati indahnya sunset. Bukit ini juga cocok untuk camping.

Fasilitas di sekitar pantai ini cukup lengkap. Disana, terdapat beberapa penginapan bagi mereka yang ingin menginap. Menurut sebagian besar orang yang sudah pernah berkunjung ke pantai Indrayanti, pantai ini mirip dengan pantai di Bali. Di sepanjang bibir pantai Indrayanti, terdapat payung-payung yang dapat disewa oleh para pengunjung. Jadi, para pengunjung dapat bersantai dengan nyaman dibawah paying-payung tersebut. Selain itu juga terdapat gazebo yang merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai. Hal yang paling menarik dari sebuah pantai tentu saja adalah lautnya. Mandi dan berenang di pantai ini sangatlah menyenangkan. Tapi, walaupun ombak di pantai Indrayanti relatif kecil, para pengunjung tetap harus berhati-hati.

(image source : www.indonesia-tourism.com | www.pasirpantai.com)

Tags Populer:

pantai gunung kidul,penginapan di pantai indrayanti,hotel di pantai indrayanti,Pantai indrayanti,pantai indrayanti adalah,penginapan indrayanti,pantai indrayanti terletak di,bukit bintang gunung kidul,penginapan pantai indrayanti,hotel di pantai indrayanti gunungkidul