Pantai Pok TunggalWalaupun anda sendiri, asalkan anda kuat, maka anda akan dikenang. Mungkin begitulah pelajaran yang dapat diambil dari Pantai Pok Tunggal. Bagaimana tidak, nama Pantai Pok Tunggal berasal dari pohon duras atau yang akrab disebut pok tunggal yang berdiri di tepi pantai. Hebatnya posisi pohon tersebut tidak lurus, namun miring.

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Watulawang dan di sebelah barat Pantai Ngetun. Anda harus menempuh jarak sekitar 50 km dari Wonosari atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja untuk sampai di pantai yang baru dibuka tahun 2012 yang lalu ini. Anda akan melewati jalan-jalan yang relatif sempit, berkelok-kelok dan agak terjal. Perlu sedikit nyali dan sangat memacu adrenalin untuk berkendara di jalan tersebut.

Namun semua itu akan terbayar lunas ketika anda sudah sampai di Pantai Pok Tunggal. Betapa tidak, hamparan pasir putih menyelimuti seluruh permukaan tepi pantai. Seperti permadani putih yang digelar khusus untuk para pengunjung Pantai Pok Tunggal. Selain itu juga ada juga pohon duras yang berdiri cantik sebagai ikon Pantai Pok Tunggal di sebelah kanan jalan masuk.

Salah satu kelebihan pantai ini adalah bentuknya yang landai dan luas serta ditambah dengan hamparan pasir putih diatasnya. Hal tersebut membuat pantai ini sangat cocok untuk melakukan banyak kegiatan seperti olah raga bola volley pantai, trecking tebing, jogging, ataupun sepak bola pantai. Selain olah raga, kegiatan romantic seperti candle light dinner pun sangat pas untuk dilakukan di jenis pantai seperti ini. Bagi anda yang berkunjung bersama keluarga, maka kegiatan yang pas untuk anda adalah pesta ikan bakar dan lobster, atau hanya sekedar bercengkrama dan bersenda gurau di tepi pantai bersama keluarga. Deretan payung warna-warni siap melindungi anda dari sengatan sinar matahari.

Baca Juga:  Pantai Jogan: Beli Satu Dapat Dua

Hal yang menjadi andalan dari Pantai Pok Tunggal adalah sunset yang sangat menawan. Menggenapi hari panjang yang cerah dan melelahkan dengan duduk di tepi pantai menikmati saat-saat pergantian hari menjadi senja, kala semburat jingga mulai mewarnai langit biru dengan sinar cahayanya sebelum bersembunyi di balik cakrawala, akan membuat hari Anda terasa semakin sempurna.

Bagi anda yang ingin meneruskan petualangan di Pantai Pok Tunggal, pengelola pantai juga menyediakan penginapan. Namun penginapan yang ada di Pantai Pok Tunggal berbeda dengan penginapan dimanapun. Karena penginapan di Pantai Pok Tunggal menggunakan tenda. Hal ini bertujuan agar para wisatawan lebih menyatu dengan alam. Untuk menikmati sensasi penginapan yang sangat akrab dengan alam ini, anda harus mengeluarkan uang sebanyak Rp. 200.000/pax. Biaya tersebut sudah termasuk welcome drink, makan 2 kali: untuk makan malam ikan bakar barbeque dan sarapan pagi, minum, snack, tenda, air bersih, toilet, parkir, keamanan dan pemandu wisata. Jadi jangan heran kalau di Pantai Pok Tunggal, anda tidak akan menemukan bangunan permanen sebagai tempat penginapan.

Selain fasilitas yang telah tersebut di atas, di pantai ini juga terdapat mushola yang dikelola oleh warga setempat. Sehingga anda tak perlu bingung untuk melakukan ibadah. Terlepas dari semua kelebihan, keindahan dan fasilitas Pantai Pok Tunggal, ada satu kekurangan dari pantai ini yaitu masalah infrastruktur jalan. Beberapa rute jalan menuju Pantai Pok Tunggal belum diaspal. Hal ini menyebabkan para wisatawan harus sangat hati-hati dalam berkendara. Hal tersebut mudah-mudahan menjadi perhatian pengelola untuk waktu ke depan.

Foto: Wikipedia

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Dari arah Jogja anda bisa melewati Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk, Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng –Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Atau: Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi. Beberapa meter dari pos tersebut akan nampak papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. Kemudian tinggal ikuti saja petunjuknya hingga tiba di Pantai Pok Tunggal. Harga Tiket masuk ke Panti ini hanya Rp 10.000.

Baca Juga:  Pantai Timang, Pacu Adrenalin dengan Kerat Gantung

Peta Pantai Pok Tunggal

Tags Populer:

penginapan pantai pok tunggal,penginapan di pantai pok tunggal,pantai pok tunggal wonosari,kelebihan pantai pok tunggal,penginapan murah di pantai pok tunggal,penginapan pok tunggal