Rujak Es Krim Pakualaman

Akhir-akhir ini memang cuaca tidak bisa diprediksi. Kapan panasnya dan kapan hujannya. Dulu sih ada patokan enam bulan musim kemarau enam bulan musim penghujan. Tapi nampaknya, cuaca sudah tidak bisa tepat waktu datangnya. Hal ini juga bakal terasa ketika anda mengunjungi kota pelajar, Jogjakarta. Kota yang sarat akan budaya dan makanan enaknya ini juga ikut-ikutan merasakan hawa panas yang akhir-akhir ini datang.

Nah, bagi anda yang sedang berkunjung ke Jogjakarta dan kebingungan karena hawa panas yang datang melanda, sepertinya anda perlu mengunjungi Rujak Es Krim Pakualaman. Pasalnya, es bisa sedikit membantu mendinginkan badan dan pikiran anda yang sedang kalut memikirkan cuaca tak menentu seperti ini.

Es krim rujak ini bukan sembarang es krim. Jangan bayangkan es krim seperti yang dijual ditusuk-tusuk lalu diberi tambahan aneka buah-buahan dan dikemas dalam plastik tertutup. Tapi sesuai dengan namanya, es krim ini sebenarnya memang rujak asli lalu ditambahi beberapa sendok es krim. Rujak yang dimaksud adalah campuran beberapa macam buah seperti nanas, mangga muda, kedondong, jambu air, bengkoang, dan pepaya yang masih setengah matang. Kesemuanya itu diiris tipis dengan menggunakan alat khusus yang bisa membentuk buah-buah ini lebih halus dan lembut teksturnya. Lalu campuran buah-buahan tersebut ditambah dengan bumbu-bumbu seperti asam jawa, kencur, gula jawa, dan sedikit air agar rasa yang dihasilkan tambah sedap. Setelah semuanya tercampur, barulah ditambah beberapa sendok es krim yang lembut. Biasanya sih ada rasa stoberi dan vanila. Jadi begitu dicampur dengan rujak, es krim itu akan meleleh dengan sendirinya dan barulah citarasa lezat campuran antara manis, gurih, dan sedikit pedas terasa di mulut anda.

Baca Juga:  Menikmati Hangatnya Kopi Joss Lek Man

Lokasi Rujak Es Krim Pakualaman ini mudah sekali untuk dijangkau. Hanya sekitar 5 menit dari jantung kota Jogja yaitu Malioboro. Dari Malioboro, anda tinggal menuju arah Ndalem Pakualaman. Dan tidak perlu waktu lama anda pasti akan menemukan lokasi kedai es krim ini. Karena lokasinya strategis dan mudah dijangkau, wajar saja jika banyak orang yang tidak ragu datang berkunjung untuk sekedar mencicipi rasa es krim rujak yang ciamik ini. Bukan hanya sekedar iseng, tapi kebanyakan mereka yang datang rata-rata adalah pelanggan tetap kedai itu. Bahkan banyak juga plat-plat luar kota terlihat pada kendaraan yang terparkir ketika musim liburan tiba.

Lebih serunya lagi, menikmati es krim ini bisa sembari duduk lesehan karena hawa sejuk di sekitarnya membuat nyaman. Dijamin deh badan jadi adem, pikiran tenang, dan makanpun jadi nikmat. Nah, bagi anda yang suka pedas, Rujak Es Krim Pakualaman ini juga menyediakan varian rasa pedas yang anda inginkan. Misalnya anda bisa request berapa cabai yang anda mau. Jika tidak suka pedas pun anda bisa minta es krim rujak yang tidak menggunakan cabai sama sekali. Biasanya, es krim rujak yang dijual di tempat lain mencampurkan pemanis buatan dalam es krimnya, sehingga ketika selesai makan bukan kesegaran yang didapatkan, melainkan tenggorokan gatal dan batuk. Tapi tenang saja, sang pemilik es rujak Pakualaman ini hanya menggunakan bahan-bahan pilihan. Buahnya selalu baru dan segar, es krimnya pun tidak bikin batuk. Enak, sehat pula!

Foto: Sumber

Tags Populer:

Makanan khas yogyakarta,www panduanwisatajogja com,jual rujak malam hari di jogja,rujak es cream di jogja,jual rujak malam jogja,rujak jogja malam,yang dimaksud es krim rujak