Sego Pecel SGPC Bu WiryoKota Jogjakarta selain dikenal sebagai kota pelajar karena memang banyak para cendikiawan berasal dari kota ini, ternyata juga mempunyai gelar sebagai kota kuliner. Berbagai macam masakan yang ada di kota ini terbilang lezat dan harganya pun sangat terjangkau. Mau dari sudut kota yang padat penduduk sampai dengan daerah pinggiran kota yang tidak terlalu padat penduduknya, bisa anda temui berbagai macam warung yang menawarkan menu masakan beraneka ragam.

Mulai dari warung kaki lima atau warung-warung tenda, hingga restoran yang terkenal juga bisa anda temui di sini. Jika anda pergi ke tempat-tempat yang menyediakan menu makanan, maka sebagian besar makanannya mengandung lemak atau akan menyebabkan masalah kolesterol jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak. Tapi, bukan Jogja namanya jika menu masakan yang ditawarkan hanya itu-itu saja alias menu makanan membosankan dan tidak sehat.

Nah, salah satu menu makanan sehat yang bisa anda dapatkan di Jogja adalah Sego Pecel SGPC Bu Wiryo. Sego dalam bahasa Indonesia berarti nasi. Sedangkan SGPC sendiri sebenarnya adalah singkatan dari SeGo PeCel. Yaitu menu masakan aneka sayur yang direbus seperti wortel yang diiris kecil-kecil, kol, tauge, kembang turi, yang disiram bumbu kacang. Bumbu kacangnya sendiri merupakan saus kacang yang terdiri dari kacang tanah yang ditumbuk halus, diberi sedikit air asem jawa, dan berbagai bumbu atau rempah-rempah di dalamnya. Sejak tahun 1959 Bu Wiryo pemilik warung Sego Pecel SGPC Bu Wiryo ini, mendirikan warung makan yang mengusung resep masakan tradisional menyehatkan. Menyehatkan karena sayuran yang digunakan adalah sayur-sayuran pilihan yang direbus tanpa menggunakan pengawet.  Selain menyehatkan, pecel ini juga tidak kalah enak jika dibandingkan dengan junk food yang mungkin sering anda beli.

Baca Juga:  Sate Klathak Pak Pong – Sate Kambing Yang Unik dan Lezat

Lokasi yang strategis karena dekat dengan area kampus dan perkantoran, membuat warung Sego Pecel SGPC Bu Wiryo ini tidak pernah sepi pembeli. Di hari-hari tertentu juga sering terdengar ada alunan lagu keroncong yang dimainkan secara live di warung ini. Bisa dibayangkan, makan siang, menunya menyehatkan, ditambah hiburan tradisional keroncong yang menemani akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi anda yang baru pertama datang ke kota pelajar ini. Soal harga? Harganya sih pasti terjangkau, karena dekat dengan kampus-kampus. Artinya yang beli juga para mahasiswa dan orang-orang perkantoran di dekatnya. Tapi jika anda tidak terlalu doyan sayuran, anda boleh kok memilih menu makanan lain karena Bu Wiryo menyediakan lauk-pauk seperti ayam goreng dan sebagainya.

Hmmm…tapi tetap ya, disarankan untuk mencicipi menu pecel andalannya. Dijamin bakal ketagihan deh. Oh ya, di Jogja ada beberapa tempat-tempat yang juga menjual menu yang sama alias nasi pecel. Tapi nasi pecel yang satu ini sangat mengandalkan bumbu tradisionalnya yang diwariskan secara turun temurun. Bayangkan saja, dari tahun 1959 artinya sudah lama sekali warung ini berdiri dan masih tetap bertahan sampai sekarang. Ini dikarenakan sang pemilik tetap menjaga kualitas bahan-bahan yang dipakainya. Sehingga sayuran yang disajikan pun selalu fresh setiap hari. Jadi tidak kuatir deh sayurannya bakal basi.

Foto: Sumber

Lokasi SGPC Bu Wiryo

Lokasi untuk menuju warung ini sangat mudah. Jika anda dari arah selatan, berjalanlah menuju perempatan MM UGM. Dari situ, anda langsung belok kanan dan ikuti jalur yang ada. Tidak jauh dari situ, di sebelah kiri jalan ada tulisan besar sekali SGPC Bu Wiryo tepat berada di depan Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Gudeg Pawon

Peta SGPC Bu Wiryo

Tags Populer:

sego pecel,nasi pecel enak di jogja,Pecel Madiun Baciro Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta,pecel jogja,resep pecel jogja