Sosrowijayan Kampung Internasional

Sebagian besar obyek wisata yang ada di Yogyakarta berhubungan erat dengan budaya Jawa. Tapi, ada satu tempat di Yogyakarta yang sangat unik, karena menggabungkan antara budaya Indonesia dengan budaya barat. Nama tempat ini adalah Sosrowijayan Kampung Internasional. Jika Anda berkunjung kesana, Anda tidak akan heran jika tempat ini menggabungkan antara budaya Indonesia dengan budaya barat. Di daerah tersebut, sebagian besar penduduknya menjalankan usaha di bidang pariwisata. Ada yang pengusaha travel, pemilik ataupun pengelola hotel, pemandu wisata, pemilik toko cindera mata, dan sebagainya. Jadi, dalam kegiatan mereka sehari-hari, mereka memang kerap bersentuhan dengan budaya barat. Contohnya, dalam melayani wisatawan asing, mereka tentunya menggunakan bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya.

Selain penduduknya yang memang sudah akrab dengan budaya asing, daerah Sosrowijayan memang pantas untuk disebut Kampung Internasional karena di daerah ini terdapat semua fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan, baik yang dari dalam ataupun luar negeri. Di daerah tersebut ada pusat informasi untuk para wisatawan, hotel, cafe, rumah makan, kantor biro perjalanan, dan sebagainya. Hotel-hotel yang ada di daerah tersebut bahkan menyesuaikan dengan musim kunjungan wisatawan. Contohnya, di saat banyak wisatawan asing dari Amerika dan Eropa, hotel-hotel tersebut akan menyesuaikan suasana yang ada dengan budaya para tamunya. Contoh yang paling sederhana, makanan yang disajikan adalah menu-menu barat, sehingga para tamu dapat merasa seakan-akan mereka tidak jauh dari rumah.

Sosrowijayan memang merupakan kampung turis, karena daerah ini sebagian besar aktivitasnya berhubungan dengan pariwisata. Tapi, ini tidak berarti bahwa disana segalanya mahal. Tarif penginapan dan transportasi di daerah Sosrowijayan justru relatif murah, bahkan untuk para wisatawan domestik sekalipun. Jadi, para wisatawan dapat menikmati liburan mereka di Yogyakarta tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak uang. Letak Sosrowijayan Kampung Internasional juga sangat strategis dan mudah untuk ditemukan. Tempat ini letaknya hanya sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu. Jadi, para wisatawan yang datang ke Yogyakarta dapat berjalan kaki saja kesana. Kalaupun mereka tidak ingin berjalan kaki, mereka dapat dengan mudah naik becak ke Sosrowijayan.

Baca Juga:  Mengikuti Paket Tour di Yogyakarta

Selain penginapan dan fasilitas yang lengkap, di daerah Sosrowijayan juga ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh para wisatawan. Contohnya, mereka dapat mengambil kursus batik untuk mempelajari bagaimana membuat kain batik yang sudah terkenal hingga ke mancanegara itu. Kursus batik ini ditawarkan oleh salah satu penginapan disana. Di daerah Sosrowijayan ada banyak hotel, tapi ada satu yang sangat unik, yaitu Hotel Aziatic. Hotel ini sebenarnya merupakan bangunan tua yang sudah berdiri sejak jaman Belanda. Jadi, arsitekturnya adalah arsitektur khas Eropa. dengan tembok berwarna putih, dan beberapa pilar penyangga di bagian depan. Para wisatawan juga dapat mengunjungi salah satu bookshop yang ada disana, dimana mereka dapat membeli novel-novel berbahasa Inggris.

Lokasi Kampung Sosrowijayan

Lokasinya sangat strategis karena memang berada di tengah kota. Tepat di Selatan Stasiun Tugu, jika dari Jalan Malioboro gang pertama sebelah kanan jalan (arah ke Barat).

Peta Kampung Sosrowijayan

Tags Populer:

kampung internasional di yogyakarta