Upside Down World Jogja merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kota Yogyakarta yang menghadirkan hasil kreatifitas tiada batas. Tempat ini sangat unik karena menghadirkan suatu properti asli yang ditata sedemikian rupa sehingga dapat difoto dan menghasilkan gambar seakan-akan berada di dunia yang terbalik. Upside Down World ini berlokasi di Jalan Ring Road Utara No. 18, Maguwoharjo, Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka dari pukul 10.00 hingga pukul 19.00.

panduanwisata-4

Semua properti dan peralatan yang ada di Upside Down World Jogja benar-benar asli. Bahkan cairan yang digunakan untuk mencuci baju, sabun pencuci piring, sabun mandi dan pasta gigi benar-benar asli. Jadi, properti yang ada di tempat ini tidak berupa tempelan maupun lukisan tiga dimensi. Sehingga Anda dapat merasakan seakan benar-benar berada di dunia yang terbalik. Tema yang diusung di wisata dunia terbalik ini adalah rumah tangga atau rumah tinggal. Anda dapat menemukan 8 spot bagian rumah yang dapat dipilih. Bagian rumah tersebut yaitu ruang tamu atau living room, ruang tidur utama atau master bed room, ruangan anak atau kids room, dapur atau kitchen, ruang makan atau dining room, kamar mandi atau bathroom atau toilet dan laundry room. Di tempat wisata ini juga menyediakan ruangan tiga dimensi atau ruang 3D dan warmindo.

panduanwisata-1

Anda dapat berfoto dengan properti yang disediakan. Akan lebih bagus jika berfoto dengan gaya yang terarah sehingga hasil foto dapat nampak seakan-akan dunia benar-benar terbalik. Anda harus pintar berimajinasi yang tinggi agar menghasilkan foto yang keren. Jika Anda kurang memahami penataan gaya dan angle yang baik untuk menghasilkan foto terbaik maka dapat meminta bantuan dari penata gaya yang disediakan di tempat ini. Untuk memperoleh hasil yang lebih bagus maka Anda dapat menggunakan gel rambut agar rambut terlihat jatuh ke bawah akibat pengaruh gravitasi. Biasanya wisatawan yang berkunjung di tempat wisata dunia terbalik ini akan didampingi oleh guest assistance. Guest assistance ini dapat menjadi penata gaya dan juru foto tanpa diminta bayaran lagi.

Baca Juga:  5 Oleh - oleh Khas Jogja yang Sedang Hangat

panduanwisata-2

Upside Down World Jogja merupakan tempat kedua yang ada di Indonesia. Tempat wisata unik ini didirikan pertama kali di Bali. Pendirian tempat wisata yang unik ini di Jogja bertujuan sebagai alternatif hiburan untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Jadi masyarakat di Jogja dan Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati berfoto dengan sensasi bagai dunia terbalik. Bagi wisatawan yang akan mengunjungi dunia terbalik di Jogja dapat membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk untuk dewasa yaitu sebesar Rp. 80.000,-. Tiket masuk untuk anak-anak dengan tinggi badan di bawah 135 cm yaitu sebesar Rp. 45.000,-.

panduanwisata-3

Berhubung tempat parkirnya terbatas, sebaiknya Anda datang di waktu pagi sebelum ramai pengunjung. Di hari libur biasanya wisatawan yang datang ke tempat ini sangat banyak. Terkadang untuk dapat berfoto pada satu spot harus antri lama. Apalagi dalam satu sesi foto ada wisatawan yang membutuhkan waktu lama dalam penataan gaya dan pengambilan spot foto. Sebaiknya pilih waktu-waktu yang tidak terlalu ramai seperti datang di pagi hari. Area wisata dunia terbalik di Jogja ini tidak terlalu luas jadi untuk kenyamanan sebaiknya mengikuti arahan dari guest assistance.

panduanwisata

Saat memasuki area Upside Down World Jogja, Anda tidak boleh memakai alas kaki seperti sandal atau sepatu. Jika Anda merasa risih berjalan dengan hanya bertelanjang kaki maka Anda  sebaiknya membawa kaos kaki sendiri. Anda disarankan tidak membawa barang-barang terlalu banyak. Selain akan membuat ribet tentu saja dapat kemungkinan menyenggol properti di tempat yang unik ini. Upside Down World tidak menyediakan loker penitipan barang sehingga akan sangat ribet jika Anda membawa barang yang terlalu berlebihan. Bagi Anda yang membawa anak kecil sebaiknya harus selalu dalam pengawasan orang tua agar tidak berlari-lari. Dikhawatirkan jika anak-anak akan merusak atau menyenggol properti yang ada di tempat unik ini. Karena properti yang disediakan tempat ini benar-benar asli dan tidak murah maka Anda juga harus ikut menjaganya.

Baca Juga:  Museum Pendidikan Indonesia ada di Jogja

 

 

Tags Populer:

lokasi upside down jogja