Congot

Ada pepatah mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang.’ Ada benarnya juga sih, sekali mendengar nama pantai yang sedikit unik ini, Pantai Congot, siapapun pasti akan merasa penasaran. Pantai yang lagi-lagi berada di Jogjakarta ini menawarkan pengalaman yang unik. Jika Anda penggemar makanan laut atau seafood, nggak afdol dong rasanya jika nggak menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai ini. Karena di sini, Anda akan menemui sejumlah aktifitas yang berkaitan dengan para nelayan. Maka tak heran jika julukan lain dari Pantai Congot adalah pantai nelayan. Tentu saja, di sini Anda bisa menemukan sejumlah hewan laut hasil tangkapan nelayan yang dijual secara terbuka dan murah di tempat pelelangan ikan.

Pantai Congot berlokasi tak jauh dari Pantai Glagah. Bedanya, di Pantai Congot ini memang dikhususkan bagi Anda pecinta makanan laut dan kegiatan memancing. Makanya, nggak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini namun akhirnya malah berakhir dengan memancing yang membutuhkan waktu lebih lama dari berkunjung ke pantai-pantai lain.

suasana pantai congot

Tapi bagi Anda yang nggak suka memancing, Anda tinggal order makanan laut mentah yang masih segar-segar. Wuihhh dijamin puas dan nggak bakalan kecewa deh. Karena makanan lautnya boleh ditawar plus bumbu yang diinginkan akan terhidang sesuai kemauan Anda. Lebih asyik sih jika ke pantainya dengan keluarga atau beramai-ramai dengan teman. Tapi, kalau Anda cuma mengajak pasangan Anda alias berduaan saja, Anda bisa ke muara sungai Bogowonto yaitu tempat air payau alias percampuran air laut dan air tawar. Jadi, dijamin banyak banget ikannya. Anda bisa mengajak pasangan kesana. Seru juga tuh nyelem-nyelem sebentar, mencari ikan sambil foto-foto.

Baca Juga:  Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Menuju Pantai Congot tidaklah sulit, jalanan yang rata sekaligus jajaran pohon kelapa di sepanjang jalan tentu menambah kenikmatan perjalanan Anda. Artinya, Anda juga akan dengan sangat mudah menemui minuman pelepas dahaga alami di sana yaitu air kelapa muda. Pokoknya, weekend bakalan lebih seru bila dihabiskan di Pantai Congot ini.

kelapa muda pantai congot

(Images : wisataid.com,afifrahma.blogspot.com,yoshiewafa.blogspot.com)

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Congot

Rute menuju ke pantai congot terbilang sangat mudah. Dari kota jogja langsung menuju ke barat arah kabupaten kulon progo, sampai di  monumen Nyi Ageng Serang (patung kuda) masih kebarat arah purworejo kira-kira 7 km. Sebelum tugu batas jogja jateng ada pertigaan ambil kiri. Ikuti jalan dan nanti di kiri jalan ada papan petunjuk ke arah pantai congot. Pantai ini sudah satu TPR dgn Pantai Glagah jadi jika anda sudah bayar sebesar Rp 5.000 saat memasuki Pantai Glagah maka tidak perlu membayar lagi.

Peta Pantai Congot

Tags Populer:

Pantai congot