Cave Tubing Gua KalisuciGunung Kidul memang dianugerahi keindahan ekologi yang luar biasa. Bagi anda yang mengagumi pemandangan pantai, maka Gunung Kidul adalah surganya. Anda tidak akan kehabisan stok pantai untuk anda kunjungi. Sebut saja nama pantai semisal Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Drini dan Pantai Pok Tunggal sebagai contoh. Dan masih banyak lagi pantai yang lainnya. Masing-masing pantai yang ada mempunyai ciri khas dan keindahannya sendiri-sendiri.

Selain memiliki deretan pantai yang sangat memukau, Gunung Kidul juga memiliki gua-gua yang sangat indah. Hal ini mudah dipahami, karena topografi Gunung Kidul yang terdiri atas gunung atau perbukitan kapur. Gua yang paling terkenal di Gunung Kidul adalah Gua Pindul. Selain menawarkan keindahan alam dan keindahan stalaktit serta stalakmit yang sangat menawan, Gua Pindul juga menawarkan sensasi cave tubing yang sangat menantang. Namun selain Gua Pindul, ada gua lain yang sangat sayang jika anda lewatkan ketika berwisata ke Gunung Kidul. Gua itu bernama Gua Kalisuci. Konon gua ini dinamakan Kalisuci karena air yang mengalir di bagian bawah sangat jernih.

Gua Kalisuci masih tergolong obyek wisata baru di Gunung Kidul karena baru dibuka untuk umum beberapa tahun belakangan ini. Sebenarnya upaya untuk merintis pembangunan infrastruktur untuk menunjang Gua Kalisuci sebagai tujuan wisata berupa tangga yang digunakan menuju ke bawah sungai sudah dilakukan sejak tahun 1997 ketika era kepemimpinan Presiden Soeharto. Namun karena kurangnya perhatian dan kepedulian dari berbagai pihak terkait, maka infrastruktur penunjang tersebut menjadi terabaikan dan tidak terawat. Kemudian tangga tersebut digunakan oleh warga sekitar sebagai jalur lalu lintas menuju ke sungai. Dan sungai tersebut dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencuci pakaian. Hal tersebut sebenarnya mencemari dan mengotori air sungai yang ada.

Baca Juga:  Kembang Soka, Air Terjun Terbaik Di Yogyakarta

Seperti halnya Gua Pindul, Gua Kalisuci juga menyediakan cave tubing bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Gua Kalisuci. Semua peralatan dan perlengkapan untuk melakukan cave tubing, mulai dari ban pelampung, jaket pelampung dan helm keselamatan sudah disediakan oleh operator.  Jadi anda tidak perlu repot memikirkan semua itu. Anda hanya cukup menyewa dengan membayar sebesar Rp. 65.ooo,-. Untuk nominal sebesar itu sudah termasuk asuransi, makanan ringan, minum, dan pemandu. Namun ada jumlah peserta minimal yang harus dipenuhi yaitu sebanyak 5 peserta.

Masing-masing peserta cave tubing Gua Kalisuci wajib menaklukkan jalur sepanjang 600 meter dengan kedalaman air 1 sampai 3 meter. Jalur sepanjang itu membutuhkan waktu kira-kira 2 jam. Perjalanan cave tubing dimulai dari Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan berakhir di Gua Mburi Omah. Namun jangan khawatir, perjalanan selama dua jam itu pasti tidak akan melelahkan, karena sepanjang perjalanan kita akan ditarik oleh pemandu dan tugas kita hanya menikmati keindahan gua saja. Bukan hanya itu, para pemandu juga akan menceritakan mulai dari A sampai Z tentang Gua Kalisuci selama perjalanan berlangsung. Hal itu membuat perjalanan seperti layaknya sebuah tour dengan seorang tour guide. Untuk menjaga keselamatan para wisatawan, wisata cave tubing Gua Kalisuci terpaksa tidak tersedia waktu musim hujan atau sewaktu air sedang naik.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Goa Kalisuci

Jika dar arah Jogja anda bisa lansgung menuju Jalan Wonosari lalu ke arah Piyungan ,Patuk , Sambipitu, Hutan Rest Area Bunder  , pertigaan Lanud TNI AU Gading lurus menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari arah Baleharjo , Jembatan Jirak Semanu, Perempatan timur Jembatan Jirak ke kanan kemudian Pasar dan Terminal Semanu, Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ke kanan kemudian setelah ± 800 meter masuk pintu gerbang kawasan wisata Kalisuci di kanan ( Utara ) jalan.l. Untuk tiket masuknya dikenakan Rp 5.000 sedangkan untuk fasilitas Cave Tubing sebesar Rp 70.000.

Baca Juga:  Keindahan Sunrise Puncak Sikunir

Peta Goa Kalisuci