Wisata Pegunungan Ketep Pass Magelang

Ketep Pass MagelangBanyak wisatawan yang mengira bahwa Kaliurang adalah satu-satunya wisata alam pegunungan di sekitar Yogyakarta. Padahal, ada wisata alam pegunungan lain yang walaupun bukan di Yogyakarta, letaknya cukup dekat dan sangat menarik untuk dikunjungi. Ketep Pass namanya. Obyek wisata ini terletak di daerah Sawangan, yang masuk dalam wilayah Magelang. Dari Mungkid, perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke obyek wisata ini sekitar 21 kilometer. Sedangkan dari Yogyakarta, perjalanan menuju obyek wisata ini biasanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Obyek wisata ini terletak pada ketinggian 1200 mdpl, dan menempati area seluas sekitar 8000 meter persegi. Karena letaknya di dataran tinggi, udara di Ketep Pass Magelang sangat sejuk. Dan tentunya, pemandangan di sekitar sangat indah, dan inilah yang menjadi daya tarik utama obyek wisata ini.

Di Ketep Pass Magelang, para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan alam pegunungan dan udara khas pegunungan yang sejuk. Disana, ada 2 buah teropong yang bisa mereka gunakan untuk melihat pemandangan dengan lebih jelas. Untuk menggunakan teropong, para pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp. 3000,- per orang. Dari puncak tertinggi Ketep Pass, yang diberi nama Pelataran Panca Arga, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan 3 gunung besar lainnya dapat terlihat dengan jelas keindahannya. Selain itu, terlihat juga beberapa gunung yang lebih kecil, perbukitan, dan hamparan lahan pertanian yang digunakan untuk menanam berbagai macam tanaman.

Selain sebagai obyek wisata yang menawarkan keindahan pemandangan alam pegunungan, Ketep Pass Magelang juga menawarkan sarana edukasi. Di obyek wisata ini, terdapat Volcano Centre (museum vulkanologi) and Volcano Theatre (bioskop mini). Di museum vulkanologi, terdapat miniatur Gunung Merapi, foto-foto, poster, dan komputer interaktif. Sedangkan di bioskop mini, para pengunjung dapat menyaksikan film yang berisi tentang sejarang Gunung Merapi, mulai dari proses terbentuknya, sampai dengan letusannya yang dahsyat. Durasi film yang ditayangkan di biskop mini dengan kapasitas 78 kursi ini tidak terlalu panjang, hanya sekitar 25 menit saja. Biaya untuk masuk ke museum sudah termasuk dalam biaya yang dibayarkan untuk masuk ke area Ketep Pass. Sedangkan untuk masuk ke Volcano Theatre, para pengunjung harus membayar sebesar Rp. 7.000,- per orang.

Peta lokasi Ketep Pass Magelang:


View Wisata Ke Ketep Pass, Magelang – Jawa tengah in a larger map

Tags Populer:

ketep pass,ketep magelang,wisata ketep,Ketep,wisata ketep pass,ketep pas,obyek wisata ketep,wisata alam,ketep pass jogja,peta ketep pass